Impresi Awal Yamaha Fazzio, Desain Bergaya Skutik Eropa

Kompas.com - 18/01/2022, 08:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah muncul lewat bocoran gambar paten yang beredar di media sosial, Yamaha akhirnya resmi merilis Fazzio. Sebuah skutik bergaya retro, dengan berbagai teknologi yang modern di kelasnya.

Melihat tampilannya, Fazzio mengusung desain yang sederhana namun berkelas. Hal ini terlihat dari penyematan body striping yang minimalis, sehingga membuat tampilan motor lebih bersih.

Harus diakui desain fascia motor ini membawa pengaruh Eropa yang kental. Hal ini terlihat dari bentuk headlamp bulat yang besar, dan tebeng depan yang mengotak.

Baca juga: Mobil Murah Tahun Ini Sisa 5 Model, Minus Karimun Wagon R

Mungkin Yamaha terinspirasi dari desain Vespa matik yang sedang ramai di kalangan anak muda. Tak heran banyak yang bilang jika motor ini cukup unik dan futuristik.

Namun nuansa klasik motor ini hanya terpancar dari bagian depan. Sementara jika kita ketika melihat belakangnya, pikiran langsung tertuju ke Yamaha Qbix, yang modern.

Pasalnya bentuk bodi belakang mengotak, dipadu dengan lampu rem dan sein yang berbentuk agak lonjong vertikal, memang sangat mirip dengan skutik di Thailand tersebut.

Baca juga: Diskon PPnBM Resmi Diperpanjang dengan Skema Berbeda, Cek Aturannya

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Kemudian desain klasik makin kuat berkat penyematan pelek 12 inci yang dibalut dengan ban berprofil 110/70 R12 dari merek Dunlop.

Walaupun secara tampilan mengusun desain yang minimalis dan kompak, motor ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada Mio M3 maupun Fino.

Di atas kertas, Fazzio memiliki dimensi (PxLxT) 1.820 mm x 685 mm x 1.125 mm, serta jarka sumbu roda 1.280 mm.

Baca juga: Harga LCGC Sebelum Diskon PPnBM, Bulan Ini Sudah Ada yang Naik

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Dengan tinggi jok 750 mm, motor ini masih cukup nyaman buat konsumen dengan tinggi badan 165 cm, seperti test rider Kompas.com.

Terlebih Fazzio juga cukup ringan, dengan berat isi hanya 95 kg, yang diikuti dengan kapasitas tangki bahan bakar 5,1 liter, dan bagasi sebesar 17,8 liter.

Dengan spesifikasi tersebut, bisa terlihat bahwa skutik ini bisa jadi motor yang menunjang kegiatan sehari-hari. Namun bagaimana lengkapnya, masih harus dibuktikan dengan impresi berkendara pada saatnya nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.