Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar SUV Kompak Terlaris Selama 2021, Raize Menang Telak

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen mobil SUV kompak di Indonesia makin ramai dengan hadirnya duo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky pada April 2021.

Kedua mobil tersebut diluncurkan untuk menjadi kompetitor bagi Kia Sonet dan Nissan Magnite yang juga sudah bermain di kelas ini.

Meski tren segmen SUV kompak tidak seramai low multi purpose vehicle (LMPV) maupun low sport utility vehicle (LSUV), mobil-mobil di kelas ini patut diperhitungkan berkat ditanamnya sejumlah fitur baru termasuk teknologi keselamatan yang mumpuni.

Menilik data wholesales alias penjualan unit dari manufaktur ke diler yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2021, segmen mobil ini berhasil menorehkan total penjualan 36.415 unit.

Menduduki peringkat pertama, Toyota Raize membukukan wholesales sebanyak 22.923 unit. Jumlah tersebut jauh unggul dibandingkan saudara kembarnya, Daihatsu Rocky yang cuma bisa mencatatkan angka 10.737 unit.

Disusul mobil asal Korea Selatan, Kia Sonet, yang jadi peringkat ketiga dengan penjualan 2.321 unit. Terakhir yakni Nissan Magnite hanya berhasil menjual 434 unit.

Sebetulnya, ada pula Renault Kiger yang turut berkompetisi di segmen mobil SUV kompak ini. Sayangnya Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku agen pemegang merek (APM) Renault sudah tidak lagi tergabung dalam keanggotaan Gaikindo sehingga catatan wholesales-nya tak diketahui.

Selengkapnya, berikut capaian wholesales mobil SUV kompak di sepanjang 2021.

  1. Toyota Raize: 22.923 unit
  2. Daihatsu Rocky: 10.737 unit
  3. Kia Sonet: 2.321 unit
  4. Nissan Magnite: 434 unit

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/18/101200215/daftar-suv-kompak-terlaris-selama-2021-raize-menang-telak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke