Modal Rp 3 Jutaan, Innova Lawas Bisa Pakai Jok Captain Seat

Kompas.com - 16/01/2022, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM— Mengubah jok mobil menjadi captain seat menjadi pilihan dan daya tarik tersendiri. Penggantian jok jenis ini dilakukan untuk kursi baris kedua. Jika biasanya jok penumpang menyatu, dengan modifikasi ini membuat penumpang duduk secara terpisah.

Captain seat sendiri bisa dibilang menjadi nilai tambah sebuah mobil MPV. Toyota Innova adalah salah satu mobil jenis MPV yang kerap mengubah jok mobil jenis ini.

Pemilik workshop Automania Hendra Budiman mengatakan pemilik mobil Toyota Innova dapat menyiapkan dana di bawah Rp 5 juta untuk mengganti jok model ini.

Baca juga: Bus-bus Antar Kota Mewah Spek Sulawesi, Nyaman tapi Tanpa Toilet

“Dengan cara tukar tambah atau memodifikasi jok tengah aslinya, range harga yang dikeluarkan Rp 3,5- 4 jutaan,” kata Hendra pada Kompas.com, Minggu (16/ 1/2021).

Bahan yang digunakan juga berpengaruh pada harga. Mulai dari bahan kulit sintetis yang paling terjangkau, hingga bahan kulit asli yang dapat merogoh kocek dalam. Ditambah dengan foot rest yang harganya akan lebih mahal.

Namun pilihan ini tergantung pada minat dan kebutuhan pemilik mobil. Sementara itu, rentan waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan modifikasi jok ini juga tergantung dari pelayanan bengkel yang mengerjakan.

Ilustrasi jok mobil.Peugeot Ilustrasi jok mobil.

Oleh karena itu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu. Dengan berkonsultasi juga dapat mendiskusikan baiknya pemilihan jenis bahan hingga ukuran jok yang seperti apa yang tepat.

Mencocokan dengan dana yang dimiliki juga sangat penting sebelum memutuskan modifikasi.
Setiap mobil memiliki ukuran kabin yang berbeda-beda, maka dari itu pastikan harus menyesuaikan terlebih dahulu.

Modifikasi ini tidak hanya dapat dilakukan oleh Toyota Innova saja. Mobil jenis lain juga bisa mengganti jok mobil baris keduanya dengan captain seat.

Tidak hanya itu saja, memodifikasi captain seat juga bisa untuk jok mobil depan. Biasanya hanya tinggal menambah arm rest saja untuk jok bagian depan.

“Namun modifikasi ini jarang dilakukan untuk Toyota Avanza. Alasannya karena kesannya menjadi lebih sempit dimensinya untuk Avanza,” tutup Hendra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.