Peserta Balapan Liar di Ancol Sudah Tembus 200 Orang

Kompas.com - 13/01/2022, 07:02 WIB
Ilustrasi ajang Indodrag Championship Dok. Indodrag ChampionshipIlustrasi ajang Indodrag Championship

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya mencatat setidaknya 200 pembalap telah daftar sebagai peserta seri pertama kompetisi resmi balapan liar yang akan digelar di Ancol, Jakarta Utara, (16/1/ 2022).

“Sampai hari ini yang mendaftar sudah ada 200-an peserta,” ucap Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (12/1/2022).

Jumlah peserta tersebut merupakan data yang dicatatkan kepolisian sejak pendaftaran dibuka pada Selasa (11/1/2022).

Sebelumnya, Sambodo mengatakan bahwa jumlah peserta drag race dibatasi hanya 350 orang. Dengan demikian, hanya tersisa kuota bagi 150 pendaftar dari batas peserta yang ditentukan Polda Metro Jaya.

Baca juga: Pilihan Motor Sport Naked Bekas di Bawah Rp 10 Juta

Menurut Sambodo, kepolisian sudah menyediakan door prize bagi para peserta kompetisi yang akan digelar pada 16 Januari 2022 itu.

“Hanya hadiah door prize,” kata dia.

Sambodo mengatakan, bagi peserta yang ingin mendaftarkan diri di kompetisi ini bisa mengakses aplikasi Tiket.com atau melalui situs Loket.com.

Indonesia Big Bike Drag Race Championship (IBBDRC) Indonesia Big Bike Drag Race Championship (IBBDRC)

Para peserta diminta mengisi sejumlah data dan memenuhi persyaratan yang tertera dalam laman pendaftaran tersebut. Salah satunya adalah surat izin dari orang tua bagi pembalap yang masih berusia di bawah 12 tahun.

Selain itu, akan ada pembagian kelas turnamen yang disesuaikan dengan spesifikasi sepeda motor. Setidaknya ada tujuh kelas street race yang akan diselenggarakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Baca juga: Mengenal Ragam Fitur Keselamatan pada Mobil

“Syarat motor sudah dibagi beberapa kelas, sudah dikomunikasikan dengan beberapa komunitas. Rencananya tujuh kelas,” kata dia.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Polda Metro Jaya ini diharapkan dapat mengubah stigma negatif terhadap balap liar. Tak hanya itu, balapan yang diselenggarakan Polda Metro Jaya ini juga diharapkan bisa menghilangkan peristiwa balap liar yang kerap terjadi di Jakarta.

“Mudah-mudahan niat baik kita ini, bisa menyelamatkan anak-anak kita. Kemudian bagi mereka yang memiliki potensi untuk menjadi pembalap, bisa tersalurkan,” ucap Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.