Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Motor Bebek Koleksi, Harganya Tembus Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 12/01/2022, 11:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang mengira motor bebek harganya tidak semahal motor sport. Padahal, beberapa di antaranya ada juga yang dijual dengan harga puluhan juta rupiah.

Pada umumnya, motor bebek yang dijual dengan harga sangat tinggi adalah motor koleksi. Harga tinggi tersebut bisa disebabkan karena banyak faktor.

Beberapa faktornya, seperti populasi motor yang sedikit dan usianya tua alias langka, kondisi masih seperti baru alias New Old Stock (NOS), atau sudah direstorasi.

Tapi, ada juga motor baru yang bisa dikatakan sebagai motor koleksi. Sebab, banderolnya sudah tinggi dengan peminat yang tinggi pula.

Namun, antara kuota impor dengan banyaknya peminat tidak sebanding. Sehingga, menciptakan fenomena di mana motor inden cukup lama. Bahkan, sampai harga bekasnya jadi lebih mahal daripada harga barunya.

Kompas.com telah melakukan kurasi terhadap motor bebek yang ada di Indonesia dan terpilih 5 motor lawas yang patut dikoleksi. Kebetulan, kelima motor berikut adalah motor 2-tak.

Berikut 5 motor bebek koleksi dengan harga termahal:

1. Suzuki Satria 2-tak

Suzuki Satria Hiu yang memiliki warna langkaistimewa Suzuki Satria Hiu yang memiliki warna langka

Sebelum masuk era 4-tak, Suzuki Satria generasi awal masih menggunakan mesin 2-tak. Ada dua model pada motor ini, yakni Satria 120R atau biasa disebut 'Satria Lumba-lumba' dan Satria 120 LSCM atau biasa disebut 'Satria Hiu'.

Marwan, pemilik showroom motor tua Marwan Motor di Solo, mengatakan, dirinya sempat ditawari Satria Hiu dengan harga mencapai Rp 50 juta.

Untuk diketahui, Satria Hiu didatangkan dari Malaysia secara completely built up (CBU). Maka itu, tak heran jika harganya cukup tinggi.

"Iya, ini ada yang jual Satria Hiu Rp 50 juta, kilometer masih di angka 540," ujar Marwan, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain karena CBU dan odometer yang rendah, harga Satria Hiu yang tembus puluhan juta rupiah ini juga dikarenakan kondisinya yang masih orisinal. Kondisi mesin dan fisiknya juga seperti motor baru.

Marwan mengatakan, Satria Hiu yang paling dicari saat ini adalah yang berwarna kuning. Disarikan dari berbagai sumber, harganya dapat mencapai Rp 30 juta, bahkan lebih, tergantung dari kondisinya.

Baca juga: Harga Satria Hiu Bekas Tembus Rp 50 Juta

2. Yamaha F1ZR

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com