Deretan Motor Bebek Koleksi, Harganya Tembus Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 12/01/2022, 11:12 WIB
Yamaha 125z hasil restorasi Tian NK istimewaYamaha 125z hasil restorasi Tian NK

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang mengira motor bebek harganya tidak semahal motor sport. Padahal, beberapa di antaranya ada juga yang dijual dengan harga puluhan juta rupiah.

Pada umumnya, motor bebek yang dijual dengan harga sangat tinggi adalah motor koleksi. Harga tinggi tersebut bisa disebabkan karena banyak faktor.

Beberapa faktornya, seperti populasi motor yang sedikit dan usianya tua alias langka, kondisi masih seperti baru alias New Old Stock (NOS), atau sudah direstorasi.

Tapi, ada juga motor baru yang bisa dikatakan sebagai motor koleksi. Sebab, banderolnya sudah tinggi dengan peminat yang tinggi pula.

Namun, antara kuota impor dengan banyaknya peminat tidak sebanding. Sehingga, menciptakan fenomena di mana motor inden cukup lama. Bahkan, sampai harga bekasnya jadi lebih mahal daripada harga barunya.

Kompas.com telah melakukan kurasi terhadap motor bebek yang ada di Indonesia dan terpilih 5 motor lawas yang patut dikoleksi. Kebetulan, kelima motor berikut adalah motor 2-tak.

Berikut 5 motor bebek koleksi dengan harga termahal:

1. Suzuki Satria 2-tak

Suzuki Satria Hiu yang memiliki warna langkaistimewa Suzuki Satria Hiu yang memiliki warna langka

Sebelum masuk era 4-tak, Suzuki Satria generasi awal masih menggunakan mesin 2-tak. Ada dua model pada motor ini, yakni Satria 120R atau biasa disebut 'Satria Lumba-lumba' dan Satria 120 LSCM atau biasa disebut 'Satria Hiu'.

Marwan, pemilik showroom motor tua Marwan Motor di Solo, mengatakan, dirinya sempat ditawari Satria Hiu dengan harga mencapai Rp 50 juta.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.