Kompas.com - 14/04/2021, 10:22 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Suzuki Satria hadir di pasar otomotif Indonesia sejak masih bermesin 2-tak. Hingga sekarang, peminatnya kian bertambah.

Satria 2-tak di Indonesia terkenal dengan dua model, yakni Satria 120R dan Satria 120 LSCM. Satria 120R biasa dijuluki "Satria Lumba-lumba", sedangkan Satria 120 LSCM biasa disebut dengan "Satria Hiu".

Satria Hiu didatangkan dari Malaysia secara complete build up (CBU) oleh APM Suzuki di Indonesia saat itu.

Baca juga: Pengemudi Terios Menyalip Sembarangan Hingga Nyaris Kecelakaan

Pada April 2021, motor dengan kubikasi mesin 120 cc yang diproduksi tahun 2003-2005 ini jadi salah satu motor bebek dengan harga bekas tembus hingga puluhan juta rupiah.

Marwan selaku pemilik showroom motor tua Marwan Motor mengaku belum lama ini ditawari Satria Hiu dengan harga mencapai Rp 50 juta.

Ilustrasi motor bekas Suzuki Satria HiuGridOto.com Ilustrasi motor bekas Suzuki Satria Hiu

"Iya ini ada yang jual Satria Hiu Rp 50 juta, kilometer masih di angka 540," ungkap Marwan saat ditemui Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Mobil Jarang Digunakan, Apakah Bensin di Tangki Bisa Basi

Harga yang menembus angka Rp 50 juta bisa didapat karena kondisi yang istimewa. Spesial di sini berarti seluruh part motor masih orisinil tanpa ada modifikasi atau ubahan.

Kondisi mesin dan fisiknya pun layaknya motor baru. Selain itu, angka odometer yang masih rendah jadi salah satu patokan juga.

"Harganya digoreng terus sama orang-orang berduit zaman sekarang. Sekarang kan sudah ada hp semuanya bisa diviralkan. Kalau Satria Hiu kondisi orisinil masih mulus semua seperti itu penjual pasang harga berapapun tidak masalah," kata Marwan menambahkan.

Suzuki Satria 2-takAndi Panser/Blue Tech Suzuki Satria 2-tak

Marwan menjelaskan bahwa saat ini varian warna yang paling dicari adalah Satria Hiu warna kuning. 

Baca juga: Ini 5 Target Operasi Keselamatan Jaya 2021 di Jakarta

Dilansir dari beberapa sumber, Satria Hiu varian warna kuning sendiri saat ini dibanderol dengan kisaran harga hingga Rp 30 jutaan tergantung kondisi. Untuk varian warna lain umumnya dihargai Rp 20 jutaan tergantung kondisi.

Ada pula yang menjual di kisaran belasan juta rupiah, tapi beberapa part motor sudah tidak orisinil lagi.

Marwan menambahkan jika untuk Satria Hiu yang merupakan hasil rekondisi, harganya bisa turun hingga setengah dari kisaran harga orisinilnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.