Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Satria Hiu Bekas Tembus Rp 50 Juta

Kompas.com - 14/04/2021, 10:22 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Suzuki Satria hadir di pasar otomotif Indonesia sejak masih bermesin 2-tak. Hingga sekarang, peminatnya kian bertambah.

Satria 2-tak di Indonesia terkenal dengan dua model, yakni Satria 120R dan Satria 120 LSCM. Satria 120R biasa dijuluki "Satria Lumba-lumba", sedangkan Satria 120 LSCM biasa disebut dengan "Satria Hiu".

Satria Hiu didatangkan dari Malaysia secara complete build up (CBU) oleh APM Suzuki di Indonesia saat itu.

Baca juga: Pengemudi Terios Menyalip Sembarangan Hingga Nyaris Kecelakaan

Pada April 2021, motor dengan kubikasi mesin 120 cc yang diproduksi tahun 2003-2005 ini jadi salah satu motor bebek dengan harga bekas tembus hingga puluhan juta rupiah.

Marwan selaku pemilik showroom motor tua Marwan Motor mengaku belum lama ini ditawari Satria Hiu dengan harga mencapai Rp 50 juta.

Ilustrasi motor bekas Suzuki Satria HiuGridOto.com Ilustrasi motor bekas Suzuki Satria Hiu

"Iya ini ada yang jual Satria Hiu Rp 50 juta, kilometer masih di angka 540," ungkap Marwan saat ditemui Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Mobil Jarang Digunakan, Apakah Bensin di Tangki Bisa Basi

Harga yang menembus angka Rp 50 juta bisa didapat karena kondisi yang istimewa. Spesial di sini berarti seluruh part motor masih orisinil tanpa ada modifikasi atau ubahan.

Kondisi mesin dan fisiknya pun layaknya motor baru. Selain itu, angka odometer yang masih rendah jadi salah satu patokan juga.

"Harganya digoreng terus sama orang-orang berduit zaman sekarang. Sekarang kan sudah ada hp semuanya bisa diviralkan. Kalau Satria Hiu kondisi orisinil masih mulus semua seperti itu penjual pasang harga berapapun tidak masalah," kata Marwan menambahkan.

Suzuki Satria 2-takAndi Panser/Blue Tech Suzuki Satria 2-tak

Marwan menjelaskan bahwa saat ini varian warna yang paling dicari adalah Satria Hiu warna kuning. 

Baca juga: Ini 5 Target Operasi Keselamatan Jaya 2021 di Jakarta

Dilansir dari beberapa sumber, Satria Hiu varian warna kuning sendiri saat ini dibanderol dengan kisaran harga hingga Rp 30 jutaan tergantung kondisi. Untuk varian warna lain umumnya dihargai Rp 20 jutaan tergantung kondisi.

Ada pula yang menjual di kisaran belasan juta rupiah, tapi beberapa part motor sudah tidak orisinil lagi.

Marwan menambahkan jika untuk Satria Hiu yang merupakan hasil rekondisi, harganya bisa turun hingga setengah dari kisaran harga orisinilnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com