Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Motor Bebek Koleksi, Harganya Tembus Puluhan Juta Rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang mengira motor bebek harganya tidak semahal motor sport. Padahal, beberapa di antaranya ada juga yang dijual dengan harga puluhan juta rupiah.

Pada umumnya, motor bebek yang dijual dengan harga sangat tinggi adalah motor koleksi. Harga tinggi tersebut bisa disebabkan karena banyak faktor.

Beberapa faktornya, seperti populasi motor yang sedikit dan usianya tua alias langka, kondisi masih seperti baru alias New Old Stock (NOS), atau sudah direstorasi.

Tapi, ada juga motor baru yang bisa dikatakan sebagai motor koleksi. Sebab, banderolnya sudah tinggi dengan peminat yang tinggi pula.

Namun, antara kuota impor dengan banyaknya peminat tidak sebanding. Sehingga, menciptakan fenomena di mana motor inden cukup lama. Bahkan, sampai harga bekasnya jadi lebih mahal daripada harga barunya.

Kompas.com telah melakukan kurasi terhadap motor bebek yang ada di Indonesia dan terpilih 5 motor lawas yang patut dikoleksi. Kebetulan, kelima motor berikut adalah motor 2-tak.

Berikut 5 motor bebek koleksi dengan harga termahal:

1. Suzuki Satria 2-tak

Marwan, pemilik showroom motor tua Marwan Motor di Solo, mengatakan, dirinya sempat ditawari Satria Hiu dengan harga mencapai Rp 50 juta.

Untuk diketahui, Satria Hiu didatangkan dari Malaysia secara completely built up (CBU). Maka itu, tak heran jika harganya cukup tinggi.

"Iya, ini ada yang jual Satria Hiu Rp 50 juta, kilometer masih di angka 540," ujar Marwan, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain karena CBU dan odometer yang rendah, harga Satria Hiu yang tembus puluhan juta rupiah ini juga dikarenakan kondisinya yang masih orisinal. Kondisi mesin dan fisiknya juga seperti motor baru.

Marwan mengatakan, Satria Hiu yang paling dicari saat ini adalah yang berwarna kuning. Disarikan dari berbagai sumber, harganya dapat mencapai Rp 30 juta, bahkan lebih, tergantung dari kondisinya.

2. Yamaha F1ZR

Varian tersebut adalah F1ZR Caltex Edition dan F1ZR Marlboro Edition. Beberapa waktu lalu, Nanang Wahyu K berhasil merestorasi motor bebek 110 cc tersebut dan terjual dengan harga Rp 55 juta.

"Semua komponen yang saya gunakan untuk restorasi asli, sampai penggunaan baut-bautnya juga asli semuanya," kata pria yang akrab disapa Tian tersebut.

Untuk Caltex Edition, Tian juga berhasil merestorasinya dan terjual dengan harga Rp 48 juta. Edisi spesial tersebut terinspirasi dari motor balap yang dipakai mantan pebalap nasional, Ahmad Jayadi dan Roy Adriyanto.

3. Yamaha 125Z

Henry, warga Muntilan, Magelang, adalah salah satu pemilik 125Z lansiran 2000. Pria yang memiliki hobi berburu motor lawas ini menyebutkan bahwa 125Z sangatlah istimewa. Kondisinya masih sepenuhnya orisinal, odometer masih di kisaran 1.000 km.

"Motor ini memang sangat langka, dahulu kalau tidak salah hanya beredar antara tahun 2000 sampai dengan 2003 saja, setelah itu tidak produksi lagi," ujar Henry.

Henry mengatakan, motor miliknya tersebut sudah ada yang menawar dengan harga Rp 110 juta. Namun, dia masih belum mau melepasnya, kecuali ada yang berani membeli seharga Rp 150 juta.

4. Honda Super Cub C125

Ada beberapa hal yang membuat motor ini layak untuk dikoleksi. Sebab, saat ini saja harganya sudah sangat tinggi, yakni Rp 73.645.000 (OTR Jakarta).

Sayangnya, motor yang diimpor secara utuh dari Thailand ini stoknya sangat sedikit dan indennya cukup lama. Sehingga, banyak yang menjual motor bekasnya dengan harga yang lebih tinggi.

"Karena stoknya sedikit, orang jual ada yang Rp 75 juta, ada yang Rp 80 juta. Ada juga sih yang di bawah Rp 70 juta. Barang sedikit, demand tinggi," kata Adisatya Wicaksana, dari diler Mad Max Big Bikes di Meruya, Jakarta Barat.

Adi menambahkan, harganya juga biasanya tergantung dari aksesori yang disematkan. Menurutnya, saat ini kisarannya ada di Rp 75 jutaan. Tapi, ada juga yang menjual Rp 80 jutaan, yang sudah dilengkapi dengan aksesori.

5. Honda CT125

Motor bebek adventure ini sekarang dibanderol Rp 76.800.000 (OTR Jakarta). Tapi, waktu indennya sangat lama. Statusnya juga sama seperti C125, diimpor secara utuh dari Thailand.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/12/111200615/deretan-motor-bebek-koleksi-harganya-tembus-puluhan-juta-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke