Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Tangki Bensin Motor Bebek dan Skutik Juga Butuh Dikuras

Kompas.com - 03/01/2022, 12:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah jadi pengetahuan umum bahwa sepeda motor jenis sport yang memiliki tangki bensin besar butuh perawatan berupa pengurasan secara rutin.

Pengurasan tangki bensin harus dilakukan demi mencegah tangki keropos akibat karat dan korosi karena kandungan air dalam tangki tersebut.

Lalu bagaimana dengan jenis sepeda motor lain seperti motor bebek dan skuter matik (skutik) yang posisi tangkinya terlindungi? Apakah tangki pada kedua jenis motor ini juga butuh dikuras?

Baca juga: Terjadi Lagi, Fortuner Ringsek Tabrak Pembatas Jembatan di Tol Ngawi

Adih, Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Bintaro, menjelaskan, bahwa motor bebek dan skutik pun butuh dikuras tangkinya seperti motor sport. Namun bedanya, interval perawatan tangki pada motor bebek dan skutik tersebut lebih lama.

Salah satu diler motor bekas.GridOto.com Salah satu diler motor bekas.

“Jika motor sport bisa enam bulan sekali, kalau matik bisa lebih panjang. Sekitar 15.000 km, tangki bensin matik atau bebek boleh dikuras,” ucap Adih kepada Kompas.com belum lama ini.

Wajar jika ada perbedaan interval pengurasan tangki pada motor bebek dan skutik bisa berbeda dari motor sport. Sebab seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, posisi tangki di kedua jenis motor tersebut terlindungi di bawah jok motor, menyebabkan air sulit masuk dan tidak terjemur langsung oleh sinar matahari.

Baca juga: Kejadian Lagi, Perempuan Kena Abu Rokok Pengguna Jalan Lain

Terpisah, Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta Gofur menjelaskan bahwa tangki bensin motor bebek dan skutik baru wajib dikuras ketika motor terendam banjir. Selain kasus tersebut, tangki keropos karena karat pada kedua jenis motor ini jarang ditemui.

“Kalau karat pada tangki biasa terjadi pada motor yang disimpan lebih dari satu tahun dan mesinnya tidak dihidupkan. Apalagi jika disimpannya di luar, akan lebih mudah berkarat,” kata Gofur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com