Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Motor Sport Koleksi, Harganya Ada yang Tembus Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 12/01/2022, 09:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mengoleksi sesuatu, terkadang seseorang tidak mempermasalahkan soal harga. Hal itu berlaku juga pada sepeda motor.

Beberapa motor yang saat ini termasuk barang-barang koleksi atau patut dikoleksi, harganya bisa sangat tinggi. Bahkan, sebagian ada yang tembus sampai ratusan juta rupiah.

Alasannya beragam, ada yang memang karena kelangkaannya atau sepenuhnya orisinal Tapi, ada juga yang memang kondisinya sangat mulus seperti masih baru.

Kompas.com telah melakukan kurasi terhadap motor sport yang ada di Indonesia dan terpilih 5 motor lawas yang patut dikoleksi. Kebetulan, kelima motor berikut adalah motor 2-tak.

Berikut 5 motor sport koleksi dengan harga termahal:

1. Suzuki RGR 150

Suzuki RGR 150Dok. Denison Wicaksono Suzuki RGR 150

Di Indonesia, sempat tren dengan motor sport 150 cc 2-tak, tepatnya di era 1990-an. Salah satunya adalah Suzuki RGR 150. Motor ini memiliki beberapa varian, yakni RGR Sprinter dan RGR Tornado.

Di pasar motor bekas, RGR 150 pernah ada yang menjual dengan banderol Rp 50 juta. Tapi, kondisinya memang sepenuhnya orisinal. Sekarang ini, aksesorinya masih banyak yang jual, seperti fairing, cover speedometer, kaca mika visor windshield, hingga setang pistonnya.

Untuk diketahui, RGR 150 dibekali dengan teknologi yang cukup canggih dibanding kompetitor sekelasnya. Suzuki menyematkan teknologi Suzuki Intake Pulse Control (SIPC) dan Suzuki Super Scavenging System (SSS) yang bertugas mengontrol masuknya bahan bakar sesuai kebutuhan mesin dan memberi asupan udara lebih banyak ketika mesin berada di rpm tinggi.

Baca juga: Suzuki RGR 150 dan Kompetitornya yang Jadi Motor Incaran Kolektor

2. Yamaha TZM 150

Motor 2-tak legendaris Yamaha TZM 150Dok. Ricky Mahendra Motor 2-tak legendaris Yamaha TZM 150

Masih di era 1990-an, Yamaha juga tak ingin ketinggalan tren di kelas motor sport, khususnya full fairing. Saat itu, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mendatangkan TZM 150 dengan status completely built up (CBU).

Sayangnya, usia penjualannya cukup singkat. Sehingga, populasinya terbatas dan bisa juga disebut sebagai motor langka.

Di masa itu, TZM 150 mampu bersaing dengan berbagai kompetitornya, seperti Suzuki RGR 150, Kawasaki Ninja 150, dan NSR 150R.

Ricky Mahendra, salah satu pemilik TZM 150, mengatakan, saat ini harga motor tersebut mampu mencapai puluhan juta rupiah. Namun, banderolnya berbeda-beda di pasar motor bekas, karena langka dan hanya sedikit yang masih orisinal.

"Setelah TZM 150 keluar, harga yang semula Rp 9 jutaan jadi Rp 14 jutaan, terus naik Rp 16 jutaan, dan naik lagi sampai terakhir di angka Rp 24 jutaan. Mungkin sekarang Rp 40 jutaan. Motor ini berhenti dijual karena saat itu ada kejadian krisis moneter," kata Ricky, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com