Lalu Lintas Makin Padat, Mungkinkah Ganjil Genap DKI Diperluas?

Kompas.com - 11/01/2022, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun baru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap memberlakukan penerapan sistem ganjil genap hanya di 13 wilayah.

Walau bila melihat kenyataannya kondisi lalu lintas di Jakarta kembali padat, sejauh ini belum ada rencana untuk menambah jumlah lokasi ganjil genap.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, berdasarkan pantauan pada 13 lokasi ganjil genap kondisinya masih normal, walaupun setelah penerapan selesai lalu lintas akan kembali padat.

"Sejauh ini ganjil genap masih tetap berlangsung di 13 lokasi dengan dua skema, pagi dan sore. Saat penerapan memang cenderung normal, tapi setelah itu ada kepadatan yang terjadi," ujar Syafrin saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/1/2022).

Baca juga: Tanpa Diskon Pajak, Masih Ada Pilihan MPV Murah di Bawah Rp 200 Juta

Ganjil Genap Jakarta Diperluas Jadi 13 TitikKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Ganjil Genap Jakarta Diperluas Jadi 13 Titik

Tak hanya itu, Syafrin juga menjelaskan, kondisi lalu lintas saat penerapan ganjil genap juga berimbas pada kemacetan yang di ruas-ruas jalan alternatif. Hal tersebut karena peralihan titik kemacetan, terutama di pagi dan sore hari saat pembatasan mobil pribadi dilakukan.

Guna mengatasi hal tersebut, Dishub Jakarta masih melakukan sejumlah kajian dan evaluasi, serta meminta masyarakat untuk melakukan aktivitas dengan menggunakan transportasi umum.

Sementara ketika ditanya soal upaya pencegahan terkait masuknya varian baru dari Covid-19, Syafrin hanya menjelaskan fokus pemerintah saat ini lebih ke pengetatan protokol kesehatan.

Baca juga: Toyota Fortuner Baru Segera Meluncur, Harga Bekasnya Mulai Rp 130 Jutaan

"Intinya kami tetap melakukan evaluasi, terutama terkait kepadatan yang terjadi, baik setelah jam penerapan ganjil genap dan juga yang terjadi di jalan alternatif," ujar Syafrin.

Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.

"Pola saat ini kami mengedepankan protokol kesehatan, terutama di transportasi umum dengan mewajibkan calon penumpang melakukan scan barcode PeduliLindungi, termasuk di seluruh terminal juga," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.