Masukan Komunitas buat Trek Balap Liar Legal di Ancol

Kompas.com - 11/01/2022, 13:41 WIB
Speed trap di Jalan I Gusti Ngurah Rai yang dipasang Dishub Bekasi Kota untuk cegah aksi balap liar. Warta Kota - Joko SupriyantoSpeed trap di Jalan I Gusti Ngurah Rai yang dipasang Dishub Bekasi Kota untuk cegah aksi balap liar.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya akan memfasilitasi pembalap liar dengan menggelar balap resmi di Jalan Lodan Raya atau Jalan Inspeksi Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Ajang tersebut rencananya berlangsung mulai 15 Januari 2022, diprakarsai Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dengan menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Pada Senin (10/1/2022) sejumlah pembalap dan komunitas datang untuk meninjau lokasi dan memberikan saran mengenai sarana dan prasarana yang ada.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Fortuner 2.800 cc yang Sebentar Lagi Meluncur

DITAHAN—Anggota Satlantas Polres Ponorogo mengamankan sepeda motor milik remaja yang diduga digunakan untuk aksi balap liar di sejumlah jalan di Kota Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (24/10/2021). KOMPAS.COM/Dokumentasi Polres Ponorogo DITAHAN—Anggota Satlantas Polres Ponorogo mengamankan sepeda motor milik remaja yang diduga digunakan untuk aksi balap liar di sejumlah jalan di Kota Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (24/10/2021). 

Waketum Mobilitas IMI Rifat Sungkar yang datang dalam prosses tersebut mengatakan, masukan soal sarana ialah soal aspal jalan.

"Besok kita laksanakan dengan fasilitas yang ada tentunya fasilitas ini masih perlu perbaikan," kata Rifat kepada Kompas.com, Senin (10/1/2022).

"Ini kan jalan umum, jadi karena ini jalan umum jadi ada lokasi yang mungkin lubang-lubang kecil yang harus diberesin, yang lubangnya seperti apa dan minimalnya diberesin mereka juga yang kasih masukan supaya tepat sasaran," kata Rifat.

Masukan dari komunitas kata Rifat cukup penting karena mereka yang paham apa yang dibutuhkan. Sebab bagaimana pun ini adalah jalan umum bukan sirkuit.

Baca juga: Balap Liar Tak Lekang Oleh Zaman karena Minim Pembinaan

Motor yang digunakan balap liar di Jalan Lingkar Luar Karawang pada Kamis (30/9/2021) pagi kini telah diamankan Polres Karawang.Dok. Satlantas Polres Karawang Motor yang digunakan balap liar di Jalan Lingkar Luar Karawang pada Kamis (30/9/2021) pagi kini telah diamankan Polres Karawang.

"Kalau kita yang perbaiki semuanya mungkin tidak efisien juga," kata Rifat.

Di sisi lain kata Rifat, inisiasi Polda Metro dan IMI memfasilitasi balap liar ini tujuannya bukan kompetisi balap tapi lebih kepada latihan bersama.

"Besok ini kita tidak bikin seperti pertandingan siapa yang menang, bukan. Kita bikin tempat untuk latihan bersama saja, ramai-ramai. Kalau balapan nanti saja cari di tempat balap (sirkuit)," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.