Kompas.com - 10/01/2022, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, banyak mobil yang sudah mulai dilengkapi fitur-fitur keselamatan baik untuk pengendara maupun penumpang.

Selain fitur child lock yang berfungsi mengunci pintu agar tidak mudah dibuka oleh penumpang anak-anak, ada juga fitur ISOFIX.

International Standards Organization FIX atau ISOFIX merupakan sebuah fitur keselamatan untuk penumpang anak yang berstandar internasional.

Customer Satisfaction & Marketing Communication Head Auto2000 Cahaya Fitri Tantriani mengatakan, fitur ini menjadi salah satu pertimbangan pengemudi wanita yang memiliki anak, saat akan membeli mobil.

Baca juga: Bawa Bocah Berkendara Pakai Mobil Wajib Pakai Car Seat

"ISOFIX membantu bila pengendara wanita memiliki anak, membantu memastikan keselamatan anak yang duduk di kursi belakang terjaga selama perjalanan," ujar Tantri, sapaan akrabnya, pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Umumnya, fitur ISOFIX berada di bagian kursi penumpang bagian kedua, dengan dua besi pengait untuk dipasangkan dengan child car seat.

Child car seat yang akan dikaitkan ke ISOFIX nantinya disesuaikan dengan kebutuhan anak, tergantung umur dan berat badannya. Biasanya, child car seat digunakan untuk anak-anak berumur dua tahun ke bawah.

Car Seatreviewsletter.com Car Seat

Baca juga: 3 Kesalahan Pemasangan Baby Car Seat

Tidak seperti kursi penumpang lainnya, child car seat diposisikan menghadap arah berlawanan, yaitu ke belakang.

Ada alasan tersendiri dibalik peletakkan child car seat ini. Melansir babycenter.com, posisi duduk menghadap belakang dapat lebih menjaga kepala, leher dan tulang belakang anak dari bahaya saat terjadi kecelakaan.

Banyak bagian dari tubuh anak yang masih sangat rentan, seperti kepala dan tulang belakang. Proporsi kepala anak-anak juga cenderung lebih besar dari proporsi tubuhnya, membuat struktur penopang tubuh seorang anak kurang stabil.

Posisi duduk menghadap ke belakang juga mencegah kemungkinan anak terlempar ke bagian depan mobil, saat terjadi kecelakaan atau tabrakan.

Dengan memanfaatkan fitur ISOFIX, keselamatan anak saat berkendara dapat lebih terjamin. Hal ini juga dapat menghindarkan anak dari bahaya lain, seperti membuka pintu mobil atau jendela saat mobil sedang berjalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.