Kompas.com - 18/12/2019, 16:24 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu faktor keselamatan yang cukup krusial bagi keluarga ialah pemakaian kursi bayi. Sayangnya tak sedikit yang masih salah dalam aplikasi pemakaian kursi bayi yang baik dan benar.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, menjelaskan, kursi untuk bayi memiliki beberapa jenis yang biasanya ditentukan dari usia bayi, sehingga cara pemakaiannya juga berbeda.

Baca juga: Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

"Sangat penting bagi bayi atau anak kecil untuk memakai baby car seat atau booster. Sebab anak kecil yang paling rentan cedera jika terjadi kecelakaan, karena itu orang tua harus mengerti caranya," kata Jusri kepada Kompas.com, Selasa (17/12/2019).

Pada dasarnya kursi bayi terdiri dari empat jenis, pertama ialah infant car seat untuk bayi di bawah dua tahun, convertible car seat untuk anak dua tahun tapi posisinya menghadap ke depan, booster car seat untuk anak dengan bobot sekitar 30-40 kg.

Terakhir ialah all in one car seat, yang mana jenis kursi bayi ini menggabungkan seluruh fungsi dari ketiga jenis car seat sebelumnya. Jenis ini multifungsi, dan bisa dipakai dari bayi hingga anak bisa bisa duduk sendiri.

Kesalahan pemakaian kursi duduk bayi:

1. Kursi terlalu longgar

Kursi yang longgar tidak memberikan dampak yang seharusnya. Biasanya hal ini terjadi karena orang tua kurang kuat mengencangkan pengikat kursi tambahan tersebut ke jok yang ada.

Jika kursi longgar, ketika terjadi tabrakan, anak yang sedang berada di kursi bisa menabrak bagian belakang kursi depan dan melukai wajah atau kepalanya dengan serius.

2. Sabuk pengaman longgar

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.