Pantauan Harga Bekas Mitsubishi Kuda per Awal Tahun 2022

Kompas.com - 09/01/2022, 17:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengaspal di jalanan Indonesia sejak 1999, Mitsubishi Kuda dirancang sebagai kompetitor Toyota Kijang dan Isuzu Panther, mobil keluarga yang mengusung nama hewan.

Sayangnya usia Kuda terhitung singkat dibandingkan Kijang dan Panther. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor, agen pemegang merek Mitsubishi kala itu terpaksa menyetop keran penjualan Kuda di 2005.

Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia, Mitsubishi Kuda ditawarkan dalam beberapa varian, yaitu Super Exceed, GLX, dan GLS. Jalan tiga tahun, Kuda mendapat tambahan varian baru yakni Deluxe, Diamond, dan Grandia.

Baca juga: Awas, Mobil Dipasang Roof Box Bisa Kena Tilang

MPV ini dibekali dengan tiga pilihan mesin. Pertama adalah mesin bensin 1.6L berkode 4G18 yang diklaim bisa menghasilkan tenaga 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi 107 Nm pada 3.500 rpm.

Mitsubishi Kuda jadi alternatif pilihan mobil bekas diesel.Dok. Otomotif Group Mitsubishi Kuda jadi alternatif pilihan mobil bekas diesel.

Kedua adalah mesin 2.0L bensin dengan kode 4G63. Kubikasi yang lebih besar dari mesin sebelumnya tentu menghasilkan tenaga yang lebih besar pula, yakni 116 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 165 Nm di 3.000 rpm.

Varian dapur pacu terakhir adalah mesin diesel 2.5L non turbo berkode 4D56, sama seperti milik pikap L300. Tenaga yang dihasilkan penenggak solar ini sebesar 75 PS di putaran 4.200 rpm dan torsi 143 Nm di 2.500 rpm.

Baca juga: Kode Komunikasi di Jalan, Mending Bunyikan Klakson atau Lampu Jauh?

Karena sudah berstatus discontinued alias disuntik mati, saat ini cara paling masuk akal mendapatkan Mitsubishi Kuda adalah dengan berburu unit bekasnya.

Dari pantauan di sejumlah bursa mobil bekas daring, Minggu (9/1/2022), Kuda dibanderol di kisaran Rp 40 jutaan - Rp 60 jutaan.

Mudah ditebak, varian mesin bensin 1.6L jadi unit yang paling murah dibandingkan saudara-saudaranya yang punya kapasitas mesin lebih besar.

Mitsubishi Kuda Grandia dengan 'konde' ban serep seperti mobil SUV Mitsubishi Kuda Grandia dengan 'konde' ban serep seperti mobil SUV

Harap diingat bahwa kisaran harga di atas bisa berbeda tiap penjual tergantung banyak faktor. Misalnya kondisi masing-masing unit secara keseluruhan, varian warna, kelengkapan surat-surat, hingga status pajaknya.

Baca juga: Harga Suzuki Swift Bekas Mulai Rp 70 Jutaan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.