Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Pemula, Salah Injak Pedal Mobil Bisa Menimpa Siapa Saja

Kompas.com - 24/10/2021, 07:41 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dibutuhkan fokus dan konsentrasi penuh saat sedang mengemudi. Sebab koordinasi gerak baik tangan dan kaki harus tepat. Termasuk ketika menginjak pedal.

Masih umum ditemui fenomena pengemudi salah injak pedal. Misalkan hendak melakukan pengereman, justru pedal gas yang diinjak. Alhasil mobil makin melaju kencang dan menyebabkan kecelakaan.

Ternyata, salah injak pedal bukan hanya dialami oleh para pemula yang baru belajar menyetir. Pengemudi berpengalaman pun tetap berisiko melakukan salah injak pedal. Hal tersebut diungkapkan oleh Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC).

Baca juga: Resmi, Mulai Senin Ganjil Genap Jakarta Diperluas Jadi 13 Titik

"Bisa juga memang green driver (pemula) yang kadang salah menempatkan kaki antara pedal rem dan gas, sehingga bisa saja panik dan malah menginjak lebih dalam," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (23/10/2021).

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Namun tidak menutup kemungkinan seseorang yang sudah berpengalaman bisa melakukan kesalahan injak pedal gas. Marcell menyebutkan, umumnya hal tersebut bisa terjadi akibat faktor kelelahan.

"Seorang pengemudi bisa saja salah menginjak pedal, mungkin karena fatigue atau kelelahan sehingga melakukan tindakan yang tidak direncanakan," ujar Marcell melanjutkan.

Baca juga: Model Barunya Bocor, Bagimana Nasib Penjualan Avanza Lawas?

Sebetulnya ada satu lagi faktor penyebab seseorang bisa salah menginjak pedal. Faktor ini terkait dengan aspek medis seseorang, istilahnya yakni uncoordinated movement atau gerakan tubuh yang tidak terkoordinasi.

"Saran saya jangan mengemudi saat mengantuk atau lelah. Usahakan istirahat dan segarkan diri kembali dengan power nap sebelum melanjutkan perjalanan," kata Marcell.

Bagi pengemudi pemula, Ia sangat menyarankan agar berlatih mengemudi dengan tenang dan menghindari sikap panik. Pastikan latihan dengan tutor yang berkompeten atau lembaga pelatihan yang legal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com