Tak Hanya Pemula, Salah Injak Pedal Mobil Bisa Menimpa Siapa Saja

Kompas.com - 24/10/2021, 07:41 WIB
Ilustrasi posisi kaki di mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi posisi kaki di mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Dibutuhkan fokus dan konsentrasi penuh saat sedang mengemudi. Sebab koordinasi gerak baik tangan dan kaki harus tepat. Termasuk ketika menginjak pedal.

Masih umum ditemui fenomena pengemudi salah injak pedal. Misalkan hendak melakukan pengereman, justru pedal gas yang diinjak. Alhasil mobil makin melaju kencang dan menyebabkan kecelakaan.

Ternyata, salah injak pedal bukan hanya dialami oleh para pemula yang baru belajar menyetir. Pengemudi berpengalaman pun tetap berisiko melakukan salah injak pedal. Hal tersebut diungkapkan oleh Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC).

Baca juga: Resmi, Mulai Senin Ganjil Genap Jakarta Diperluas Jadi 13 Titik

"Bisa juga memang green driver (pemula) yang kadang salah menempatkan kaki antara pedal rem dan gas, sehingga bisa saja panik dan malah menginjak lebih dalam," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (23/10/2021).

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun tidak menutup kemungkinan seseorang yang sudah berpengalaman bisa melakukan kesalahan injak pedal gas. Marcell menyebutkan, umumnya hal tersebut bisa terjadi akibat faktor kelelahan.

"Seorang pengemudi bisa saja salah menginjak pedal, mungkin karena fatigue atau kelelahan sehingga melakukan tindakan yang tidak direncanakan," ujar Marcell melanjutkan.

Baca juga: Model Barunya Bocor, Bagimana Nasib Penjualan Avanza Lawas?

Sebetulnya ada satu lagi faktor penyebab seseorang bisa salah menginjak pedal. Faktor ini terkait dengan aspek medis seseorang, istilahnya yakni uncoordinated movement atau gerakan tubuh yang tidak terkoordinasi.

"Saran saya jangan mengemudi saat mengantuk atau lelah. Usahakan istirahat dan segarkan diri kembali dengan power nap sebelum melanjutkan perjalanan," kata Marcell.

Bagi pengemudi pemula, Ia sangat menyarankan agar berlatih mengemudi dengan tenang dan menghindari sikap panik. Pastikan latihan dengan tutor yang berkompeten atau lembaga pelatihan yang legal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.