Catat Syarat dan Biaya Bikin SIM D bagi Difabel

Kompas.com - 08/01/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan kendaraan bermotor merupakan hak tiap orang, tidak terkecuali bagi yang memiliki keterbatasan fisik atau penyandang disabilitas.

Meski begitu, bukan berarti tiap orang bebas mengemudikan kendaraan di jalan umum. Butuh dokumen resmi yang menyatakan bahwa seseorang layak mengemudi. Untuk itulah Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus diciptakan bagi difabel.

Bagi difabel, terdapat golongan SIM khusus agar kemampuan mereka dalam mengemudi dapat diakui, yakni SIM D dan D I. Lebih detail, SIM D ditujukan bagi penyandang disabilitas yang hendak mengendarai sepeda motor. Sementara SIM D I ditujukan untuk pengemudi mobil.

Baca juga: Keberatan, Pengendara Nmax Putar Balik dan Jatuh

Namun, harap diingat, kendaraan yang akan dikemudikan pemilik SIM D maupun D I sehari-harinya harus sudah dimodifikasi sesuai standar yang telah ditetapkan agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Ilustrasi penyandang disabilitas mengemudiDok. cdtcdevelopmentcentre.com Ilustrasi penyandang disabilitas mengemudi

Sebagai contoh, untuk sepeda motor yang akan dikendarai pemilik SIM D sudah diberi roda tambahan, serta pemindahan fungsi kendaraan yang semula dikendalikan oleh kaki menjadi dikendalikan oleh tangan.

Baca juga: Tak Perlu ke Samsat, Begini Cara Blokir STNK via Online

Membahas mengenai syarat yang harus dipenuhi bagi pemohon SIM D maupun D I, hal tersebut tercantum dalam PP Nomor 44 Tahun 1993. Tepatnya pada Pasal 217 ayat (1). Berikut detail syaratnya.

  • Permohonan tertulis
  • Bisa membaca dan menulis
  • Memiliki pengetahuan peraturan lalu lintas dan teknik dasar berkendara
  • Batas usia minimal 17 tahun
  • Terampil mengemudikan kendaraan bermotor
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Lulus ujian teori dan praktik

Adapun untuk biaya pembuatannya mengacu pada PP Nomor 76 Tahun 2020, penerbitan SIM D ataupun D I dipatok Rp 50.000. Lalu, untuk perpanjangan masa berlakunya dibutuhkan biaya Rp 30.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.