Keberatan, Pengendara Nmax Putar Balik dan Jatuh

Kompas.com - 07/01/2022, 09:42 WIB
Pengendara motor dituntut harus bisa mengendalikan motornya dalam berbagai kondisi. Foto: Tangkapan layar Pengendara motor dituntut harus bisa mengendalikan motornya dalam berbagai kondisi.


JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor memang perlu keahlian khusus. Pengendara motor dituntut harus bisa mengendalikan tunggangannya dalam berbagai kondisi.

Viral di media sosial, video yang memperlihatkan perempuan terjatuh saat hendak putar balik. Perempuan itu tidak kuat menahan bobot Yamaha Nmax yang diduga terlalu berat.

Baca juga: Beli Mobil Toyota Spot Order Bisa Bebas Pilih Warna tapi Inden Lama

Dalam video yang diunggah akun Instagram, Agoez Bandz4, motor jatuh atau rebah dalam keadaan berhenti dan setang menekuk ke kanan. Dalam istilah sehari-hari kondisi itu kerap disebut "jatoh bego."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official 2 (@agoezbandz4)

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan untuk mencegah motor terjatuh, pertama yang perlu diperhatikan adalah kecepatan dan gaya.

“Begitu motor bergerak dia punya gaya sentrifugal berubah. Saat berhenti gaya itu mengecil, saat bergerak beda lagi,” kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jusri mengatakan untuk mengendalikan motor yang berat maka kecepatan di bawah 30 kpj jangan rem mendadak. Hindari penggunaan rem depan tapi menggunakan rem belakang.

Baca juga: Ini Cara Mengatasi Knalpot Motor Kemasukan Air

 Harley Owners Group (H.O.G) Anak Elang Jakarta Chapter menggelar Motorcycle Safety Riding TrainingHOG Anak elang Harley Owners Group (H.O.G) Anak Elang Jakarta Chapter menggelar Motorcycle Safety Riding Training

Kemudian pandangan mata harus eye level atau lurus ke depan dan sejarar.

“Jangan ke samping, atas atau bawah. Misal memandang ke bawah akan hilang keseimbangan,” ucapnya.

Kemudian pertahankan bobot tubuh agar tidak terdorong ke depan. Siapkan juga mindset pengendara motor dengan bersiap menempatkan bobot tubuh di kiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.