Intip Proses Pembakaran via Kepala Silinder Transparan Garage 54

Kompas.com - 07/01/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang penasaran dengan apa yang terjadi di dalam mesin. Sebab, posisinya tertutup dan material dari logam yang digunakan juga tidak transparan.

Dikutip dari Motor1.com, Jumat (7/1/2022), bengkel asal Rusia, Garage 54, berhasil menjawab rasa penasaran banyak orang dengan menciptakan kepala silinder yang transparan.

Untuk diketahui, kepala silinder merupakan tempat terjadinya pembakaran, tempat mekanisme katup, saluran intake dan exhaust, sirkulasi oli, pemasangan busi, dan jalur water jacket.

Baca juga: Efek Pakai BBM Premium dan Pertalite buat Kesehatan Mesin

Mesin dengan kepala silinder transparan buatan Garage 54Dok. YouTube Garage 54 Mesin dengan kepala silinder transparan buatan Garage 54

Dengan kepala silinder yang dibuat, maka terlihat jelas proses pengapian yang dilakukan busi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. Setiap ledakan yang dikonversi menjadi tenaga dapat terlihat.

Garage 54 membuat kepala silinder transparan menggunakan plexiglass yang tebal. Kepala silinder dibuat semirip mungkin dengan yang aslinya.

Baca juga: Hyundai Bantah Rumors Hentikan Riset Mesin Pembakaran Internal

Untuk mesin, Garage 54 menggunakan Moskvitch yang sedang dibangun ulang. Sebagai informasi, merek mobil asal Rusia tersebut sempat beredar di Indonesia di era 1970-an.

Dalam video yang diunggah pada akun YouTube Garage 54, terlihat awalnya mesin berjalan normal seperti biasa. Selain itu, juga bisa terpantau bagaimana terjadinya proses pembakaran.

Plexiglass sendiri tidak sekuat atau setahan logam. Pembakaran yang terjadi menghasilkan panas yang tinggi dan membuat kerusakan pada plexiglass.

Setelah beberapa kali dinyalakan dan kerusakan terjadi, mesin langsung seperti kehilangan kompresi. Sebelumnya, bahan bakar masih tercampur dengan baik di ruang bakar, tapi setelah rusak, chamber terlihat dibanjiri bahan bakar.

Melihat proses pembakaran terjadi secara langsung merupakan salah satu pemandangan unik yang patut dilihat bagi para pencinta otomotif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Motor1.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.