Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intip Proses Pembakaran via Kepala Silinder Transparan Garage 54

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang penasaran dengan apa yang terjadi di dalam mesin. Sebab, posisinya tertutup dan material dari logam yang digunakan juga tidak transparan.

Dikutip dari Motor1.com, Jumat (7/1/2022), bengkel asal Rusia, Garage 54, berhasil menjawab rasa penasaran banyak orang dengan menciptakan kepala silinder yang transparan.

Untuk diketahui, kepala silinder merupakan tempat terjadinya pembakaran, tempat mekanisme katup, saluran intake dan exhaust, sirkulasi oli, pemasangan busi, dan jalur water jacket.

Dengan kepala silinder yang dibuat, maka terlihat jelas proses pengapian yang dilakukan busi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. Setiap ledakan yang dikonversi menjadi tenaga dapat terlihat.

Garage 54 membuat kepala silinder transparan menggunakan plexiglass yang tebal. Kepala silinder dibuat semirip mungkin dengan yang aslinya.

Untuk mesin, Garage 54 menggunakan Moskvitch yang sedang dibangun ulang. Sebagai informasi, merek mobil asal Rusia tersebut sempat beredar di Indonesia di era 1970-an.

Dalam video yang diunggah pada akun YouTube Garage 54, terlihat awalnya mesin berjalan normal seperti biasa. Selain itu, juga bisa terpantau bagaimana terjadinya proses pembakaran.

Plexiglass sendiri tidak sekuat atau setahan logam. Pembakaran yang terjadi menghasilkan panas yang tinggi dan membuat kerusakan pada plexiglass.

Setelah beberapa kali dinyalakan dan kerusakan terjadi, mesin langsung seperti kehilangan kompresi. Sebelumnya, bahan bakar masih tercampur dengan baik di ruang bakar, tapi setelah rusak, chamber terlihat dibanjiri bahan bakar.

Melihat proses pembakaran terjadi secara langsung merupakan salah satu pemandangan unik yang patut dilihat bagi para pencinta otomotif.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/07/114200015/intip-proses-pembakaran-via-kepala-silinder-transparan-garage-54

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke