Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Belajar Mengemudi Mobil Harus Pakai Transmisi Manual?

Kompas.com - 03/01/2022, 19:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika akan belajar mengendarai mobil, umumnya calon pengemudi disarankan untuk belajar mobil transmisi manual ketimbang transmisi otomatis.

Padahal, mengendarai mobil dengan transmisi manual dan otomatis memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dan tidak terkait satu sama lain.

Ketika seseorang bisa mengendarai mobil transmisi manual, belum tentu ia bisa mengendarai mobil transmisi otomatis dengan lancar.

Meskipun, mobil transmisi otomatis memang terkesan lebih mudah dioperasikan ketimbang manual.

Baca juga: Pengemudi Mobil Pemula, Jangan Duduk Terlalu Maju Mepet Setir

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) mengatakan bahwa mobil yang akan digunakan untuk berlatih harus disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

"Tergantung kebutuhan saja. Kalau dibutuhkan matik, ya belajar matik. Namun bila dibutuhkan manual, ya belajar manual," tulisnya pada Kompas.com, Senin (3/1/2022).

Menurut Marcell, mobil transmisi manual maupun otomatis memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Perlu ada pembiasaan diri sebelum pengemudi menggunakan mobil tersebut.

Ilustrasi pengemudi mobil di jalan. UNSPLASH/takahiro taguchi Ilustrasi pengemudi mobil di jalan.

Baca juga: Tak Hanya Pemula, Salah Injak Pedal Mobil Bisa Menimpa Siapa Saja

Senada dengan Marcell, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, bahwa di antara kedua mobil berbeda transmisi tersebut, tidak ada yang lebih mudah.

"Kalau ditanya mana yang lebih baik (untuk belajar), manual sama matik, ya tergantung pegangannya dia nanti mobil manual atau matik. Karena, masing-masing punya tingkat bahaya yang berbeda-beda," katanya pada Kompas.com, Senin (3/1/2022).

Ia menegaskan, instruktur mobil harus punya pengalaman dan pengetahuan yang pasti tentang bahaya dari mobil yang berbeda transmisi. Keduanya tidak bisa disamakan.

Mobil transmisi manual tidak bisa dijadikan ukuran seseorang bisa mengendarai mobil dengan baik.

"Jadi kalau kita bicara pemula, dia belajarnya di awal sesuai dengan pegangannya, mobilnya. Karena, nggak ada yang lebih mudah," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com