Salah Kaprah Ban Tidak Punya Masa Kedaluwarsa

Kompas.com - 03/01/2022, 18:42 WIB
ban mobil baru Kompas.com/Fathan Radityasaniban mobil baru


JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap ban pada kendaraan menyertakan sejumlah informasi pada bagian dindingnya.

Informasi yang biasa ditulis adalah ukuran ban, tipe ban, masa produksi, TWI dan juga informasi lainnya.

Saat membeli ban, selain informasi mengenai ukuran, hal yang paling sering ditanyakan oleh pemilik kendaraan adalah waktu produksinya.

Tak sedikit dari mereka yang percaya bahwa informasi mengenai waktu pembuatan karet pembungkus pelek tersebut berhubungan dengan masa penggunaannya.

Baca juga: Ini Tarif Bus AKAP PO Efisiensi per 3 Januari 2022

Wibowo Santosa pemilik Permaisuri Ban mengatakan, ban tidak memiliki masa kedaluwarsa.

“Banyak yang keliru, ban itu bukan makanan yang bisa kedaluwarsa,” ucap Bowo saat dihubungi Kompas.com, Senin (3/1/2022).

Ilustrasi ban mobil. PIXABAY/E BOUWEN Ilustrasi ban mobil.

Menurut Bowo, kode yang ada pada dinding ban itu merupakan sebuah kode produksi dari pembuatan ban itu sendiri sehingga tidak berpengaruh pada masa pakai ban.

“Ban itu yang penting perawatannya. Kalau dirawat dengan baik, tekanan anginnya bagus, ban produksi tahun 2017 pun masih bisa dipakai,” kata dia.

Baca juga: Catat, Ini Cara Mudah Merawat Rem Mobil di Musim Hujan

Sementara itu, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal menambahkan, angka pada dinding ban merupakan sebuah kode produksi dari pembuatan ban itu sendiri. bukan merujuk pada periode waktu yang menandakan masa pakai.

Kode produksi tersebut terkait beragam hal, seperti dibuat pada minggu ke berapa dan pada tahun berapa. Hal ini berguna bagi perusahaan untuk melakukan pelacakan bila terjadi sesuatu, seperti cacat produksi dan lain sebagainya,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.