Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Tepat Melakukan Spooring dan Balancing Roda Mobil?

Kompas.com - 03/01/2022, 18:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ban menjadi komponen mobil yang vital sebab berhubungan langsung dengan permukaan jalan. Karena itu, kestabilan dan kenyamanan saat berkendara sangat tergantung dari setelan roda mobil.

Hal tersebut perlu dipahami pengguna mobil, karena bagian roda dan kaki-kaki harus tak kalah mendapat perhatian dengan melakukan spooring dan balancing.

Spooring dilakukan untuk meluruskan sudut-sudut geometri keempat ban agar kembali selaras, sementara balancing untuk membuat putaran ban mobil lebih stabil.

Baca juga: Catat, Ini Cara Mudah Merawat Rem Mobil di Musim Hujan

Wibowo Santosa, pemilik Permaisuri Ban mengatakan, tidak ada patokan baku kapan harus melakukan spooring dan balancing pada mobil, karena tergantung dari pemakaian.

“Jika kendaraan sering diajak berkendara di jalan tol, setiap tiga atau empat bulan sekali sebaiknya sudah harus di cek,” ucap Bowo saat dihubungi Kompas.com, Senin (3/1/2022).

Ilustrasi spooring ban mobil.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Ilustrasi spooring ban mobil.

Pasalnya, jika dibiarkan ban bisa rusak karena kemiringan dan titik tumpuan mobil yang berubah. Belum lagi efek ban habis yang tidak merata.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian yang menyatakan tak ada takaran pasti terkait keharusan melakukan spooring atau balancing.

Baca juga: Pilihan Motor Matik Bekas 150 cc dengan Harga di Bawah Rp 20 Juta

Menurut Deni, patokannya kembali pada kenyamanan berkendara. Cara paling mudah dengan melakukan pengetesan saat berada di jalan lurus dan aspal dengan melepas tangan dari lingkar kemudi.

Jika kondisi kaki-kaki mobil sehat, maka akan melaju lurus. Sebaliknya, bila ada masalah pada kaki dan ban, mobil akan bergerak sendiri ke kiri atau ke kanan

Ilustrasi servis mobil di bengkel Suzuki.DOK. SUZUKI INDOMOBIL SALES Ilustrasi servis mobil di bengkel Suzuki.

“Namun, jika mengacu anjuran pabrikan, kegiatan ini sebaikanya dilakukan setiap enam bulan sekali atau 10.000 kilometer, atau ketika servis berkala sesekali lakukan pengecekan bagian kaki-kaki juga dan kembangan ban,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com