Kenali Penyebab Mobil Susah Distarter Padahal Aki Masih Baru

Kompas.com - 29/12/2021, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menghidupkan mobil, dibutuhkan electric starter yang sumber tenaganya diambil dari aki. Sebagian besar pemilik mobil akan menyalahkan aki ketika mobil susah distarter.

Tapi, jika kondisi aki masih baru dan mobil tetap susah distarter atau dihidupkan mesinnya, maka kemungkinan besar komponen lainnya yang bermasalah.

Baca juga: Aki Mobil Model Basah atau MF, Mana yang Lebih Awet?

Menurut Didi Ahadi, Dealer Technical Support, Dept. Head PT. Toyota Astra Motor (TAM), ada sejumlah penyebab yang bisa membuat mobil sulit distarter.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

“Penyebabnya ada macam-macam, mulai dari pengapian sampai bahan bakarnya,” kata Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi mengatakan, pada pengapian, busi yang kondisinya sudah tidak bagus lagi atau sudah terlalu lama digunakan, bisa saja menjadi salah satu penyebab mobil susah distarter.

Baca juga: Alasan Kenapa Aki Mobil Mesin Diesel dan Bensin Berbeda

“Koilnya juga bisa atau bahkan ECU-nya juga bisa menjadi penyebabnya, dan untuk menemukan penyebabnya harus dilakukan pengecekan,” ujar Didi.

Cek busi mobilwww.amazon.ca Cek busi mobil

Masih terkait kondisi busi, Bambang Supriadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga mengatakan, busi yang kotor juga bisa menyebabkan mobil susah dinyalakan.

"Selain busi, permasalahan lain yang membuat mesin mobil sulit dihidupkan bisa juga dari dinamo starter atau dinamo ampere," kata Bambang.

Ilustrasi dinamo starterHarsya Fikmazi Ilustrasi dinamo starter

Bambang menjelaskan, dinamo ampere yang rusak akan berakibat pada aliran listrik. Efeknya, baterai atau aki tidak akan bisa terisi arus, meskipun aki dalam kondisi baik.

Tapi, penyakit atau kerusakan tersebut pada umumnya menimpa mobil-mobil yang usianya sudah lebih dari delapan tahun. Dengan kata lain, memang usia pakainya sudah habis dan sudah harus dilakukan pergantian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.