Suzuki Belum Mau Jual Skutik Pesaing NMAX dan PCX

Kompas.com - 29/12/2021, 17:21 WIB
Suzuki Burgman 150 GREATBIKER.comSuzuki Burgman 150
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Segmen skutik bongsor memang ramai sejak beberapa tahun lalu. Kemunculan Yamaha NMAX, dan diikuti Honda PCX, telah membuka pasar di segmen ini.

Suzuki sebagai salah satu merek ternama, sampai sekarang belum punya wakil yang sepadan untuk bersaing dengan kedua merek tersebut.

Tercatat dulu pernah ada skutik bongsor Burgman 200 cc, namun tidak sekelas dengan NMAX dan PCX.

Baca juga: Bocoran Suzuki Burgman 150, Calon Pesaing PCX 160 dan NMAX 155

Suzuki Burgman 200.Suzuki Indomobil Sales (SIS) Suzuki Burgman 200.

Kini selang beberapa tahun, muncul rumor bahwa Suzuki tengah menyiapkan Burgman 150 cc, untuk jadi pesaing NMAX 155 dan PCX 160.

Meski begitu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) rupanya masih menampik kabar tersebut. Suzuki mengaku bahwa saat ini masih mencoba menggenjot penjualan segmen yang sudah ada.

"Suzuki belum memiliki rencana untuk meluncurkan skutik besar di tahun depan," ujar Teuku Agha, 2W Sales & Marketing Department Head PT SIS, kepada Kompas.com (29/12/2021).

"Namun kami terus melakukan upaya untuk dapat menghadirkan skutik besar ke Indonesia, karena kondisi marketnya yang sangat menarik," kata dia.

Baca juga: Belajar dari Insiden Spion Mobil Dirusak Paspampres, Jangan Bermain Ponsel Saat Berkendara

Warna baru Suzuki Address FI di 2020Istimewa Warna baru Suzuki Address FI di 2020

Menurutnya, jajaran produk skutik Suzuki saat ini yaitu Suzuki Nex II, Nex Crossover dan Address berada di segmen 125cc ke bawah, yang dapat dikatakan bermain di kelas entry level.

"Tulang punggung penjualan, Nex II dan Satria F150. Satria F150 40 persen dan Nex 30 persen," kata Agha.

Sebelumnya, disitat dari Great Biker (28/12/2021), Burgman 150 diperkirakan bakal mengambil basis dan desain dari merek China Haojue UHR 150 yang sudah meluncur sebelumnya.

Baca juga: Bocoran Yamaha XMAX Baru, Punya Tampang Mirip TMAX

Suzuki Burgman 150GREATBIKER.com Suzuki Burgman 150

Haojue sendiri merupakan mitra Suzuki dalam pengembangan dan produksi sepeda motor untuk pasar Negeri Tirai Bambu.

Motor ini bakal mengusung mesin berkapasitas 149 cc SOHC 4 klep berpendingin cairan, dengan tenaga maksimal 14,4 PS pada 8.500 rpm atau setara 12 tk dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.