Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Kaliper Rem Bugatti Chiron Disiksa Sebelum Dipasang ke Mobil

Kompas.com - 29/12/2021, 13:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSistem pengereman merupakan komponen penting yang harus ada pada kendaraan. Apalagi jika mobil tersebut adalah Bugatti Chiron yang memiliki tenaga 1.500 PS atau setara 1.480 TK dengan kecepatan puncak sekitar 490 kpj.

Tentunya untuk menghentikan hyper car ini membutuhkan sistem pengereman yang kuat. Bayangkan saja ketika mengebut di atas 300 kpj, tapi pengeremannya mengalami masalah dan berujung kecelakaan.

Akun TikTok @maestro0212 mengunggah video yang memperlihatkan tes rem dari Bugatti Chiron. Terlihat rem disiksa untuk menghentikan laju cakram yang mencapai kecepatan sekitar 380 kpj secara berulang-ulang.

Baca juga: Bocoran Suzuki Burgman 150, Calon Pesaing PCX 160 dan NMAX 155

@maestro0212

???????????????????????????? ???????????????????????? ???????????????????? ????????????????????????????

? Such a Whore (Baddest Remix) - JVLA

 

Terlihat juga pada video tersebut temperatur dari piringan rem mencapai 1.000 derajat celsius. Jika dicari sumbernya, video tersebut diunggah akun Bugatti ke Youtube dengan judul ‘Bugatti testing the world’s first 3D printed brake caliper’.

Berdasarkan keterangan pada video tersebut, kaliper rem untuk mobil Bugatti ini diciptakan dari 3D printer dengan bahan titanium. Bugatti mengklaim bisa menghentikan Bugatti Chiron yang punya bobot 1.995 kg dari kecepatan 100 kpj ke 0 kpj dalam 2.5 detik.

Baca juga: Belajar dari Insiden Spion Mobil Dirusak Paspampres, Ini Kendaraan yang Dapat Prioritas


Jika dilihat ke website Bugatti, dijelaskan kalau kaliper rem tersebut memiliki 8 piston dan menjadi kaliper pertama di dunia yang diproduksi oleh 3D Printer. Inovasi ini merupakan hasil kerja sama Bugatti Development Department dengan Laser Zentrum Nord di Hamburg.

Selain itu, kaliper ini juga meraih gelar kaliper (secara keseluruhan) terbesar di industri otomotif dunia. Kemudian juga menjadi komponen terbesar yang berfungsi dan terbuat dari titanium yang diproduksi dengan cara 3D printing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com