Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suzuki Belum Mau Jual Skutik Pesaing NMAX dan PCX

JAKARTA, KOMPAS.com – Segmen skutik bongsor memang ramai sejak beberapa tahun lalu. Kemunculan Yamaha NMAX, dan diikuti Honda PCX, telah membuka pasar di segmen ini.

Suzuki sebagai salah satu merek ternama, sampai sekarang belum punya wakil yang sepadan untuk bersaing dengan kedua merek tersebut.

Tercatat dulu pernah ada skutik bongsor Burgman 200 cc, namun tidak sekelas dengan NMAX dan PCX.

Kini selang beberapa tahun, muncul rumor bahwa Suzuki tengah menyiapkan Burgman 150 cc, untuk jadi pesaing NMAX 155 dan PCX 160.

Meski begitu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) rupanya masih menampik kabar tersebut. Suzuki mengaku bahwa saat ini masih mencoba menggenjot penjualan segmen yang sudah ada.

"Suzuki belum memiliki rencana untuk meluncurkan skutik besar di tahun depan," ujar Teuku Agha, 2W Sales & Marketing Department Head PT SIS, kepada Kompas.com (29/12/2021).

"Namun kami terus melakukan upaya untuk dapat menghadirkan skutik besar ke Indonesia, karena kondisi marketnya yang sangat menarik," kata dia.

Menurutnya, jajaran produk skutik Suzuki saat ini yaitu Suzuki Nex II, Nex Crossover dan Address berada di segmen 125cc ke bawah, yang dapat dikatakan bermain di kelas entry level.

"Tulang punggung penjualan, Nex II dan Satria F150. Satria F150 40 persen dan Nex 30 persen," kata Agha.

Sebelumnya, disitat dari Great Biker (28/12/2021), Burgman 150 diperkirakan bakal mengambil basis dan desain dari merek China Haojue UHR 150 yang sudah meluncur sebelumnya.

Haojue sendiri merupakan mitra Suzuki dalam pengembangan dan produksi sepeda motor untuk pasar Negeri Tirai Bambu.

Motor ini bakal mengusung mesin berkapasitas 149 cc SOHC 4 klep berpendingin cairan, dengan tenaga maksimal 14,4 PS pada 8.500 rpm atau setara 12 tk dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/29/172100115/suzuki-belum-mau-jual-skutik-pesaing-nmax-dan-pcx

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke