Tak Hanya Pengemudi, Penumpang Juga Wajib Pakai Sabuk Pengaman

Kompas.com - 29/12/2021, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabuk pengaman merupakan salah satu fitur keselamatan utama yang wajib digunakan oleh pengemudi dan penumpang.

Piranti keselamatan ini memiliki fungsi penting yakni dapat meminimalisir cedera parah saat terjadi kecelakaan.

Training Direction The Real Driving Cener (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, sabuk pengaman penting bagi pengemudi dan penumpang yang berada di kursi baris kedua dan ketiga.

Salah satunya adalah untuk menjaga tubuh penumpang agar tidak ikut terpental saat terjadi kecelakaan.

Baca juga: Lihat Kaliper Rem Bugatti Chiron Disiksa Sebelum Dipasang ke Mobil

“Karena bila penumpang belakang tidak menggunakan sabuk pengaman atau safety belt maka saat tabrakan penumpang dapat terpental-pental,” ucap Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Marcell melanjutkan, penumpang belakang bahkan bisa mencederai pengemudi atau penumpang di depannya. Tetapi, jika penumpang di belakang juga menggunakan sabuk pengaman, hal itu bisa diantisipasi.

“Kalau tidak menggunakan sabuk pengamanan, penumpang di belakang juga bisa mencederai pengemudi dan penumpang depan yang menggunakan safety belt,” kata dia.

GM kembangkan Belt Assurance System yang akan mengunci transmisi sebelum penumpang depan memasangnya.Leftlanenews GM kembangkan Belt Assurance System yang akan mengunci transmisi sebelum penumpang depan memasangnya.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Marcell menyarankan kepada semua penumpang mobil agar tetap menggunakan sabuk pengaman demi keselamatan.

“Memang yang diwajibkan mengenakan sabuk pengaman adalah sopir dan penumpang yang ada di samping sopir. Tetapi, penumpang di belakang juga sebaiknya menggunakan sabuk pengaman,” kata dia.

Perlu diingat, aturan wajib tentang sabuk pengamanan telah ditercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Malioboro Saat Malam Tahun Baru

Mengenai kewajiban menggunakan seat belt bagi pengemudi dan penumpang di depan, tertuang dalam pasal 106 ayat (6).

Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa pengemudi dan penumpang yang posisinya duduk di samping sopir wajib mengenakan sabuk pengaman.

Selanjutnya, dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 pasal 289 dijelaskan kembali, bagi pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman, akan mendapatkan sanksi denda sebesar Rp 250.000 atau kurungan penjara paling lama satu bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.