Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Manager Suzuki Ungkap Perbedaan Paddock MotoGP dan F1

Kompas.com - 28/12/2021, 19:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JEREZ, KOMPAS.com - Tokoh penting di MotoGP yaitu mantan manager tim Suzuki Ecstar Davide Brivio yang pindah ke Formula 1 mengatakan banyak perbedaan antara paddock MotoGP dan F1.

Orang di balik layar kesuksesan Suzuki dan Joan Mir pada 2020 lalu itu mengatakan, secara kendaraan F1 yang mana sebuah mobil sudah jauh lebih besar ketimbang MotoGP yaitu motor.

"Jujur ada perbedaan, tetapi juga persamaan. Jelas mobil Formula 1 itu sendiri lebih besar, jadi ada lebih banyak dinamika yang harus diperhatikan," katanya mengutip GPOne, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Catat, Ini Syarat Perjalanan Menuju Kawasan Puncak

Bentuk tangki Joan Mir Foto: Motorsport-Total.com Bentuk tangki Joan Mir

Perbedaan itu membuat perhatian terhadap mobil F1 lebih besar ketimbang di paddock MotoGP. Banyak orang yang terlibat dan banyak komponen serta suku cadang yang mesti diperhatikan.

"Di F1 juga lebih banyak sumber daya (orang yang terlibat) dan ini berarti lebih banyak investasi pada manusia, peralatan, dan teknologi," ungkapnya.

Adapun soal tanggung jawab dan kemampuan kru serta mekanik, direktur balap di tim Alpine itu mengatakan tidak ada perbedaan. Bidangnya berbeda tapi kemampuannya sama.

"Namun pada akhirnya, seorang insinyur F1 sama baiknya dengan seorang insinyur MotoGP, bukan karena yang satu lebih baik dari yang lain, mengingat keduanya memiliki keterampilan yang hebat," ungkap Brivio.

Baca juga: Korlantas Polri Terjunkan 12 Unit ETLE Mobile Selama Nataru

Balapan Formula 1 (F1) GP Singapura .Motosport/Steven Tee Balapan Formula 1 (F1) GP Singapura .

Ditanya mengenai performa Suzuki pada musim 2021, Brivio menjawab diplomatis dengan mengatakan dia tidak ada di paddock, sehingga tidak layak untuk memberikan argumen menghakimi.

"Saya tidak ada di paddock, saya tidka bisa membuat pernyataan. Pada 2021 kita lihat pengembangan Ducati, bersiap untuk babak baru pada 2-3 ke depan," kata Brivio.

"Di sisi lain Suzuki, dengan Mir berada di posisi ketiga kita tidak bisa bilang itu hasil yang mengecewakan karena berhasil finis ketiga di kejuaraan dunia," katanya.

"Mungki 2021 adalah musim dimana bisa menjadi titik poin untuk meningkatkan lagi di 2022," ungkap Brivio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com