Gaya Hedonisme Honda CBR250RR yang Kental Aura Superbike

Kompas.com - 29/12/2021, 13:31 WIB
Modifikasi Honda CBR250RR juara nasional HMC 2021 HMCModifikasi Honda CBR250RR juara nasional HMC 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski digelar dengan beberapa keterbatasan imbas pandemi Covid-19, namun ajang pencarian karya terbaik Honda Modif Contest (HMC) 2021 sukses melahirkan tiga juara nasional baru.

Salah satunya adalah karya modifikasi garapan Jonny Fressaner asal Pontianak, Kalimantan Barat. Bertarung di kelas sport fairing, Honda CBR250RR Platinum Motor berhasil mencuri perhatian juri pada final battle HMC 2021 yang berlangsung di Surabaya.

Lantas apa istimewanya modifikasi CBR250RR garapan Jonny tersebut ?

Bila dibedah satu per satu, cukup banyak hal-hal menarik yang bisa disimak. Selain sajian tampilan visual yang bisa dibilang cukup good looking dengan sentuhan akhir yang rapih, ternyata ada banyak komponen langka yang diaplikasi.

Baca juga: Bocoran Suzuki Burgman 150, Calon Pesaing PCX 160 dan NMAX 155

Modifikasi Honda CBR250RR juara nasional HMC 2021HMC Modifikasi Honda CBR250RR juara nasional HMC 2021

Komponen ekstra yang disematkan juga bukan barang sembarang, selain langka, ketika mengaplikasikannya juga memiliki tingkat kesulitan tersendiri sehingga butuh effort yang cukup lumayan.

"Motor ini kepunyaan Ricky Halim, pemain motor besar juga dan kebetulan punya Kawasaki H2 full modifikasi. Sebagian barang aslinya diterapkan pada CBR250RR, jadi secara konsep mengarah ke superbike atau MotoGP dengan part premium," ucap Jonny kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dari keseluruhan sektor, selain permainan grafis di seluruh bodi, hal yang paling menarik adalah pada bagian kaki-kaki belakang.

Modifikasi Honda CBR250RR juara nasional HMC 2021HMC Modifikasi Honda CBR250RR juara nasional HMC 2021

 

Guna mengentalkan aura sport ala superbike, Jonny mengganti lengan ayun bawaan pabrikan menggunakan swingarm tunggal bersama monoshock samping.

Perlu diketahui, perangkat yang digunakan ini bukan sembaran barang limbah, melainkan copotan dari Ducati Panigale 1199 yang secara harga sudah bisa dibayangkan sendiri berapa kisarannya.

Baca juga: Spesifikasi BMW K 1600 Bagger yang Dijajal Kakorlantas Polri

Bagian pemasangannya diklaim menjadi yang tersulit, karena Jonny berupaya agar bagian rangka utama tak ada yang dikorbankan alias dipangkas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.