Ada Pengalihan Arus Lalu Lintas dan Ganjil Genap 24 Jam di Puncak Saat Malam Tahun Baru

Kompas.com - 29/12/2021, 07:12 WIB
Kepolisian Resor Bogor mengerahkan 2.801 personel untuk mengamankan masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022 di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat. KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSANKepolisian Resor Bogor mengerahkan 2.801 personel untuk mengamankan masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022 di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu lokasi yang diprediksi akan menjadi pusat keramaian saat momen perayaan Tahun Baru, yaitu kawasan Puncak, Cianjur, Jawa Barat.

Guna meminimalisir mobilitas dan kepadatan lalu lintas saat momen tersebut, Kepolisian Resor Kota Bogor akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas untuk kendaraan roda empat.

Pengalihan arus lalu lintas ini akan diberlakukan di Simpang Pos Polisi IB atau setelah pintu keluar Gerbang Tol (GT) Ciawi menuju Ciawi-Sukabumi.

“Menjelang pergantian tahun nanti, kita akan melakukan pengalihan arus kendaraan di mulai dari Jumat (31/12/2021) pukul 18.00 WIB hingga Sabtu (1/1/2021) pukul 06.00 WIB,” ujar Kapolres Bogor AKBP Harun, Sabtu (25/12/2021).

Baca juga: Mantan Manager Suzuki Ungkap Perbedaan Paddock MotoGP dan F1

Harun melanjutkan, kendaraan-kendaraan tersebut nantinya akan dialihkan menuju arah Ciawi-Sukabumi. Hal ini dilakukan guna meminimalisir pergerakan orang atau pembatasan kendaraan pada malam pergantian Tahun Baru.

“Sehingga, diharapkan kunjungan wisata dapat terkendali dan mencegah penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Petugas gabungan melakukan pemeriksaan di pos pengamanan Simpang Gadog, Puncak Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Petugas gabungan melakukan pemeriksaan di pos pengamanan Simpang Gadog, Puncak Bogor, Jawa Barat.

Petugas gabungan yang terdiri dari Polri-TNI, Dishub, dan Satpol-PP Kabupaten Bogor akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan ekstra ketat bagi pelaku perjalanan yang menuju kawasan wisata.

“Petugas juga akan memeriksa sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi dan bukti hasil tes negatif rapid antigen yang berlaku 1x24 jam,” kata Harun.

Baca juga: Yamaha XSR155 Modern Flat Track, Kreasi Pap N Mam

Selain pengalihan arus lalu lintas, Harun juga menginstruksikan jajarannya untuk memberlakukan sistem ganjil genap bagi kendaraan roda dua dan empat selama 24 jam penuh.

“Dalam situasi pandemi seperti ini, diharapkan seluruh masyarakat dapat meningkatkan disiplin prokes dan hindari kerumunan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.