Polda Metro Jaya Siapkan Aturan Pengamanan Lalin di Malam Tahun Baru

Kompas.com - 27/12/2021, 17:51 WIB
Petugas kepolisian dan Satpol PP meminta pengendara memutar arah saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan)  dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK APetugas kepolisian dan Satpol PP meminta pengendara memutar arah saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro jaya mempersiapkan beberapa aturan pengamanan untuk mengantisipasi kepadatan mobilitas menjelang malam pergantian tahun.

Berbagai kebijakan dilakukan antara lain dengan memberlakukan crowd free night (CFN) di sejumlah ruas jalan serta melakukan sejumlah pengamanan ketat di sejumlah ruas tol keluar-masuk Jakarta.

Baca juga: PO Gunung Harta Buka Trayek Baru dengan Bus Double Decker

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, Polda Metro Jaya akan melaksanakan kebijakan CFN di 10 ruas jalan Jakarta selama libur natal dan tahun baru 2022.

“Momen tahun baru akan dilaksanakan crowd free night di 10 kawasan dari pukul 22.00 WIB sampai dengan 04.00 WIB,” kata Sambodo dalam keterangannya, Minggu (26/12/2021).

Sejumlah kendaraan terlihat meninggalkan Gerbang Tol Cikampek 2PT. Jasa Marga Sejumlah kendaraan terlihat meninggalkan Gerbang Tol Cikampek 2

Polda Metro Jaya akan menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta beserta Kodam Jaya terkait pelaksanaan CFN. Dalam rapat koordinasi tersebut nantinya juga akan dibahas mengenai pengamanan di sejumlah lokasi wisata di Jakarta.

“Iya (rapat koordinasi dengan Pemprov DKI dan Kodam Jaya). Mungkin tanggal 30 (Desember). Penentuan CFN dan pengamanan tempat wisata,” katanya.

Baca juga: Great Wall Motor Patenkan SUV Kotak Baru di Indonesia

Selain crowd free night, dalam rapat koordinasi tersebut nantinya juga akan dibahas mengenai teknis pengamanan di lapangan. Tidak terkecuali pengamanan di gerbang tol yang merupakan jalur keluar-masuk Jakarta.

"Tentu ada pengamanan khusus, seperti di Km 10 Cikunir, rest area KM 19, KM 21 bekas Gerbang Tol Cikarang Utama," ucap Sambodo.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melaporkan tidak ada kepadatan lalu lintas di ruas tol Jakarta dan sekitarnya selama perayaan Natal 2021 akibat melonjaknya mobilitas masyarakat.

Suasana lalu lintas di Gerbang Tol Ngemplak bagian dari ruas Jalan Tol Solo-Ngawi, Jumat (24/12/2021).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Suasana lalu lintas di Gerbang Tol Ngemplak bagian dari ruas Jalan Tol Solo-Ngawi, Jumat (24/12/2021).

Kondisi tersebut diprediksi akan terus berlangsung hingga tahun baru 2022, walau ada penambahan volume hingga 15 persen dari keadaan normal.

Hal tersebut didapat setelah pihaknya melakukan pemantauan di Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Baca juga: Segera Meluncur, Ini Perbedaan Toyota Fortuner Legender dengan GR Sport

"Suasana tol masih landai, tidak ada kenaikan berarti. Kenaikan paling 10 sampai 13 persen dari arus normal, tidak ada kepadatan," kata Sambodo, Sabtu (25/12/2021).

Sambodo memprediksi situasi lalu lintas akan landai hingga hari raya tahun baru 1 Januari 2022. Namun, Ditlantas Polda Metro Jaya tetap memantau dan mengamankan arus balik Natal dan Tahun Baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.