Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polda Metro Jaya Siapkan Aturan Pengamanan Lalin di Malam Tahun Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro jaya mempersiapkan beberapa aturan pengamanan untuk mengantisipasi kepadatan mobilitas menjelang malam pergantian tahun.

Berbagai kebijakan dilakukan antara lain dengan memberlakukan crowd free night (CFN) di sejumlah ruas jalan serta melakukan sejumlah pengamanan ketat di sejumlah ruas tol keluar-masuk Jakarta.

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, Polda Metro Jaya akan melaksanakan kebijakan CFN di 10 ruas jalan Jakarta selama libur natal dan tahun baru 2022.

“Momen tahun baru akan dilaksanakan crowd free night di 10 kawasan dari pukul 22.00 WIB sampai dengan 04.00 WIB,” kata Sambodo dalam keterangannya, Minggu (26/12/2021).

Polda Metro Jaya akan menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta beserta Kodam Jaya terkait pelaksanaan CFN. Dalam rapat koordinasi tersebut nantinya juga akan dibahas mengenai pengamanan di sejumlah lokasi wisata di Jakarta.

“Iya (rapat koordinasi dengan Pemprov DKI dan Kodam Jaya). Mungkin tanggal 30 (Desember). Penentuan CFN dan pengamanan tempat wisata,” katanya.

Selain crowd free night, dalam rapat koordinasi tersebut nantinya juga akan dibahas mengenai teknis pengamanan di lapangan. Tidak terkecuali pengamanan di gerbang tol yang merupakan jalur keluar-masuk Jakarta.

"Tentu ada pengamanan khusus, seperti di Km 10 Cikunir, rest area KM 19, KM 21 bekas Gerbang Tol Cikarang Utama," ucap Sambodo.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melaporkan tidak ada kepadatan lalu lintas di ruas tol Jakarta dan sekitarnya selama perayaan Natal 2021 akibat melonjaknya mobilitas masyarakat.

Kondisi tersebut diprediksi akan terus berlangsung hingga tahun baru 2022, walau ada penambahan volume hingga 15 persen dari keadaan normal.

Hal tersebut didapat setelah pihaknya melakukan pemantauan di Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

"Suasana tol masih landai, tidak ada kenaikan berarti. Kenaikan paling 10 sampai 13 persen dari arus normal, tidak ada kepadatan," kata Sambodo, Sabtu (25/12/2021).

Sambodo memprediksi situasi lalu lintas akan landai hingga hari raya tahun baru 1 Januari 2022. Namun, Ditlantas Polda Metro Jaya tetap memantau dan mengamankan arus balik Natal dan Tahun Baru.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/27/175100615/polda-metro-jaya-siapkan-aturan-pengamanan-lalin-di-malam-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke