Usai Libur Natal 2021, 165.643 Kendaraan Kembali ke Jabotabek

Kompas.com - 27/12/2021, 15:27 WIB
Kepadatan lalu lintas di Tol Cikampek KOMPAS.comKepadatan lalu lintas di Tol Cikampek
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 165.643 unit kendaraan telah kembali ke wilayah Jabotabek pada satu hari setelah Hari Raya Natal 2021 atau Minggu, 26 Desember 2021.

Angka tersebut merupakan kumulatif dari arus lalu lintas di beberapa GT Barrier atau utama, yakni Tol Cikampek Utama, Tol Kalihurip Utama, Tol Cikupa, dan Tol Ciawi.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru menyebut total volume lalu lintas tersebut turun 5,6 persen bila dibandingkan lalu lintas normal periode November 2021.

Baca juga: Mitsubishi Bicara Kehadiran Xpander Hybrid di Indonesia

Lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama mulai mengalami peningkatan jelang libur Nataru 2021.Dok. Jasa Marga Lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama mulai mengalami peningkatan jelang libur Nataru 2021.

"Pada periode tersebut, total lalu lintas ialah 175.415 unit kendaraan," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (27/12/2021).

Lebih rinci, distribusi lalu lintas yang kembali ke Jabodetabek dari keempat arah yaitu 81.221 unit kendaraan (49 persen) dari arah Timur atau Trans Jawa dan Bandung, melalui GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

Rinciannya, dari Tol Jakarta-Cikampek berjumlah 40.689 unit kendaraan, turun 1,1 persen dari lalu lintas normal dan 40.532 unit kendaraan dari arah Bandung atau turun 8,0 persen dari lalu lintas normal.

Kemudian dari arah Barat atau Merak, total kendaraan yang melintas ialah 45.107 unit (27,3 persen). Jumlah terkait turun 5,6 persen dari lalu lintas normal.

Baca juga: Jangan Merokok di Mobil, Banyak Ruginya

Urai Kepadatan Lalu Lintas, Atas Diskresi Kepolisian Jasa Marga Berlakukan Contraflow Km 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah JakartaDok. Jasa Marga Urai Kepadatan Lalu Lintas, Atas Diskresi Kepolisian Jasa Marga Berlakukan Contraflow Km 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta

Sementara kendaraan dari arah Selatan atau Puncak Bogor melalui Tol Jagorawi sebanyak 39.315 unit (23,7 persen), turun sebesar 7,3 persen dari lalu lintas normal.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," kata Dwimawan.

"Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan) saat berada di rest area," lanjut dia.

Lalu, jangan lupa untuk mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan saldo uang elektronik ketika hendak tetap melintas di jalan tol. Serta, patuhi selalu rambu-rambu dan arahan petugas selama berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.