Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain CFN, Polisi Jaga Akses Keluar-Masuk Jakarta di Malam Tahun Baru

Kompas.com - 27/12/2021, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mencegah keramaian di malam pergantian tahun, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal memberlakukan kebijakan crowd free night (CFN) di 10 titik lokasi pada wilayah DKI Jakarta.

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, Polda Metro Jaya akan menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama dengan Kodam Jaya terkait pelaksanaan CFN.

Selain CFN, dalam rapat nanti juga akan dibahas tentang pengamanan pada sejumlah lokasi-lokasi wisata yang ada di Jakarta.

Baca juga: Rencana Suzuki Aplikasi Teknologi Hybrid ke Ertiga pada 2022

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).Dok. Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

"Momen tahun baru akan dilaksanakan crowd freen night di 10 kawasan dari pukul 22.00 sampai 04.00 WIB. Kemungkinan tanggal 30 Desember akan ada rapat koordinasi, penentuan CFN dan pengamanan tempat wisata," ucap Sambodo dikutip dari NTMC Polri, Minggu (26/12/2021).

Selain penerapan CFN dan pengamanan di tempat-tempat wisata, Sambodo juga menjelaskan bila nanti pihaknya akan melakukan menyiapkan pengamanan di beberapa ruas tol, khususnya akses keluar-masuk DKI Jakarta.

"Ada di Km 10 Cikunir, Km 19 rest area, dan Km 21 GT Cikarang Utama," kata Sambodo.

Baca juga: Fortuner Legender Segera Meluncur, Harga Seken Mulai Rp 100 Jutaan

Petugas kepolisian dan Satpol PP meminta pengendara memutar arah saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan)  dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Petugas kepolisian dan Satpol PP meminta pengendara memutar arah saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.

Seperti diketahui, sebelumnya Sambodo menyatakan akan ada 10 titik CFN di Jakarta. Lokasi tersebut terdiri dari Kawasan Sudirman-Thamrin, Bulungan Bintaroo, Kemang, Senopati-Gunawarman-SCBD, Kota Tua, Asia Afrika, Banjir Kanal Timur, Kemayoran, Monas, dan Kelapa Gading.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com