Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjadi Lagi, Fortuner Tercebur ke Kolam Bundaran Patung Kuda

Kompas.com - 26/12/2021, 12:17 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan tunggal melibatkan Toyota Fortuner tercebur ke dalam kolam Bundaran Patung Kuda pada pagi hari ini, Minggu (26/12/2021).

Dilansir dari Instagram @tmcpoldametro, kecelakaan mobil tunggal (out of control) telah dievakuasi.

"Penyebab (kecelakaan) ban sudah kedaluwarsa atau tipis, dan pengemudi sedikit mengantuk," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono, kepada Kompas.com (26/12/2021).

Baca juga: Tarif Baru Bus AKAP PO Primajasa Jurusan Jakarta-Bandung

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh JAKARTA INFO (@jktinfo)

Terpantau dari foto-foto yang beredar di media sosial, bahwa mobil yang mengalami kecelakaan merupakan Fortuner generasi pertama yang melakukan facelift kedua. SUV ini beredar di pasaran pada 2011-2015.

Dari yang terlihat secara kasat mata, kerusakan umumnya terjadi pada bumper depan yang terlepas, termasuk juga gril depan.

Kemudian ban depan sebelah kanan juga kempis, hingga membuat pelek langsung bersentuhan dengan jalan.

Baca juga: Intip Garasi Motor Tua Milik Kolektor Asal Sukoharjo
 

 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

Bukan hanya itu, foot step di bagian bawah juga terlihat rusak lantaran menghajar pembatas kolam. Sementara itu kondisi interior juga belum diketahui secara pasti.

Kejadian mobil tercemplung di Bundaran Patung Kuda kawasan Monas bukan kali ini terjadi. Umumnya, insiden terjadi pada pagi hari atau dini hari yang disebabkan karena mengantuk atau kelelahan.

Terkait kejadian tersebut, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, pada saat mengantuk, respons otak akan melambat sehingga reflek indera pengemudi juga akan terhambat.

Baca juga: Ini Dia Mobil dengan Odometer Paling Banyak di Dunia

Ilustrasi mengantuk sambil berkendara.shutterstock Ilustrasi mengantuk sambil berkendara.

“Ketika dalam kondisi berkendara, tidak fokus selama beberapa detik saja bisa berakibat fatal. Kalau memang dari awal merasa masih mengantuk atau lelah, sebaiknya gunakan transportasi lain atau segera berhenti di tempat aman,” ucap Jusri, kepada Kompas.com belum lama ini.

Jusri juga mengatakan, agar bisa lebih forkus dalam mengemudi, pengemudi harus memastikan kondisi kendaraan yang dikemudikannya dalam keadaan baik.

Selain itu, pengemudi juga harus dalam keadaan sehat dan tidak sedang mengantuk atau berada di bawah pengaruh obat-obatan.

Baca juga: Intip Koleksi Motor Bintang Matrix Keanu Reeves

Ilustrasi tidur di pesawatMeinzahn Ilustrasi tidur di pesawat

Untuk masalah mengantuk, menurut Jusri tidak ada obatnya selain tidur atau beristirahat. Sebab jika berkendara dalam kondisi mengantuk, kemampuan kognitif akan sangat menurun.

“Apalagi konteksnya dalam kecepatan tinggi, kadang-kadang mereka berkendara tanpa sadar bahaya di depannya sendiri,” kata Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com