Siap-siap Macet, Prediksi Arus Mudik Nataru Terjadi Hari Ini

Kompas.com - 24/12/2021, 08:22 WIB
Kepadatan lalu lintas di Tol Cikampek KOMPAS.comKepadatan lalu lintas di Tol Cikampek

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga memprediksi arus mudik Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 berlangsung hari ini, 24 Desember hingga 2 Januari 2022.

Hal ini diungkapkan oleh Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Athika Dara Prahita, Kamis (23/12/2021). Ia mengatakan, volume jalan diprediksi akan meningkat lebih dari 30 persen saat arus mudik Nataru.

“Volume lalu lintas (diprediksi) meningkat 34,5 persen dari lalu lintas normal periode November lalu,” ucap Athika.

Baca juga: Kenali Bedanya, Ini Arti Kode SAE dan API pada Pelumas Kendaraan

Sementara, untuk arus balik dari luar daerah ke Jabodetabek diprediksi akan terjadi dua hari setelah malam pergantian tahun baru, yaitu Minggu (2/1/2022) dengan volume lalu lintas meningkat 26,5 persen dari lalu lintas normal periode November 2021.

Mengurai kepadatan lalu lintas, polisi melakukan contraflow di Km 37 hingga Km 66 Tol Jakarta-Cikampek pada Rabu (13/6/2018).KOMPAS.com/Farida Farhan Mengurai kepadatan lalu lintas, polisi melakukan contraflow di Km 37 hingga Km 66 Tol Jakarta-Cikampek pada Rabu (13/6/2018).

Kendaraan yang keluar meninggalkan Jabodetabek tersebut akan tersebar ke beberapa daerah, yakni timur (Trans Jawa dan Bandung), barat (Merak), dan arah selatan (Puncak).

Adapun Polri memastikan tak akan melakukan penyekatan saat momen mudik Nataru berlangsung. Namun, pihaknya akan mendirikan pos-pos pelayanan di tempat-tempat keramaian.

Baca juga: Pentingnya Ganti Oli Gardan pada Motor Matik

Perintah itu tercantum dalam telegram Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tertanggal 10 Desember 2021 tentang aturan kegiatan selama Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Tidak ada penyekatan pada arus-arus jalan, arus mudik atau arus balik, namun didirikan pos pengamanan (Pam) dan pos pelayanan dengan memasang barcode PeduliLindungi,” ucap Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramdhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.