Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap-siap Macet, Prediksi Arus Mudik Nataru Terjadi Hari Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga memprediksi arus mudik Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 berlangsung hari ini, 24 Desember hingga 2 Januari 2022.

Hal ini diungkapkan oleh Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Athika Dara Prahita, Kamis (23/12/2021). Ia mengatakan, volume jalan diprediksi akan meningkat lebih dari 30 persen saat arus mudik Nataru.

“Volume lalu lintas (diprediksi) meningkat 34,5 persen dari lalu lintas normal periode November lalu,” ucap Athika.

Sementara, untuk arus balik dari luar daerah ke Jabodetabek diprediksi akan terjadi dua hari setelah malam pergantian tahun baru, yaitu Minggu (2/1/2022) dengan volume lalu lintas meningkat 26,5 persen dari lalu lintas normal periode November 2021.

Kendaraan yang keluar meninggalkan Jabodetabek tersebut akan tersebar ke beberapa daerah, yakni timur (Trans Jawa dan Bandung), barat (Merak), dan arah selatan (Puncak).

Adapun Polri memastikan tak akan melakukan penyekatan saat momen mudik Nataru berlangsung. Namun, pihaknya akan mendirikan pos-pos pelayanan di tempat-tempat keramaian.

Perintah itu tercantum dalam telegram Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tertanggal 10 Desember 2021 tentang aturan kegiatan selama Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Tidak ada penyekatan pada arus-arus jalan, arus mudik atau arus balik, namun didirikan pos pengamanan (Pam) dan pos pelayanan dengan memasang barcode PeduliLindungi,” ucap Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramdhan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/24/082200115/siap-siap-macet-prediksi-arus-mudik-nataru-terjadi-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke