Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketat, Tes Acak Covid-19 Sasar Titik Menuju Lokasi Wisata dan Mal

Kompas.com - 24/12/2021, 07:57 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mulai gencar melakukan pengecekan acak, alias random check Covid-19 dengan antigen, di masa Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru)

Bahkan tes acak Covid-19 tak hanya dilakukan pada simpul-simpul transportasi saja, melainkan juga disejumlah titik menuju kawasan wisata dan pusat perbelanjaan.

"Pesan utama pada Nataru ini yaitu pengetatan protokol kesehatan (Prokes). Kalau bisa di rumah saja itu lebih baik, tetapi kalau mau bepergian jarak jauh, harus vkasin dua kali dan tes antigen 1x24 jam," ujar Mentri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dalam keterangan resminya, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Ada Isu Mogok Kerja, Pertamina Tepis Hoaks Kelangkaan BBM

Adapun random check di lokasi menuju pusat perbelanjaan dan tempat wisata dilakukan untuk memastikan pengendalian mobilitas serta pengetatan prokes.

Petugas kesehatan mengambil sampel usap pengendara saat tes cepat antigen COVID-19 drive thru di Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (6/2/2021). Dinas Perhubungan Kabupaten Garut menggelar tes cepat antigen gratis bagi pengendara luar daerah yang masuk ke Kabupaten Garut selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/agr/foc.ANTARA FOTO/CANDRA YANUARSYAH Petugas kesehatan mengambil sampel usap pengendara saat tes cepat antigen COVID-19 drive thru di Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (6/2/2021). Dinas Perhubungan Kabupaten Garut menggelar tes cepat antigen gratis bagi pengendara luar daerah yang masuk ke Kabupaten Garut selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/agr/foc.

Budi mengatakan, masyarakat Indonesia perlu waspada dan berhati-hati, pasalnya pada masa libur Nataru kali ini ada 11 juta orang yang akan bepergian, ditambah lagi dengan varian Omicron yang sudah ada di Tanah Air.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan, ada pos-pos pengamanan di sejumlah titik pada masa libur Nataru. Hal tersebut guna memastikan pengawasan pengetatan prokes berjalan dengan baik di lapangan.

"Apa yang dilakukan ini dalam rangka mengantisipasi, karena usai libur Nataru tahun lalu terjadi kenaikan kasus Covid-19 sekitar dua setengah kali lipat," ucap Sigit.

Lebih lanjut Sigit menjelaskan, pada pos pengamanan juga telah disiapkan gerai vaksin yang bisa digunakan masyarakat untuk melakukan vaksinasi jika belum mendapatkan dosis lengkap.

Baca juga: Daftar MPV Murah Terlaris Sepanjang November 2021

Polisi sedang melakukan penyekatan jalan selama PPKM. DOK. Shutterstock Polisi sedang melakukan penyekatan jalan selama PPKM.

Selain itu, juga disiapkan tempat isolasi sementara, jika diketahui ada pelaku perjalanan atau masyarakat yang berpergian terindikasi positif Covid-19.

"Di rest area juga telah disiapkan pos pengamanan, untuk melakukan pengecekan melalui aplikasi PeduliLindungi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com