Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Ini Bedanya SPBU Pertamina Warna Merah, Biru dan Hijau

Kompas.com - 21/12/2021, 14:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com— Bagi pengguna kendaraan roda dua, roda empat, atau lebih, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menjadi tempat pembelian bahan bakar yang pasti kerap didatangi.

SPBU Pertamina menjadi fasilitas umum yang kerap mudah dijumpai di tepi jalan raya. Meskipun jumlahnya ada banyak, SPBU Pertamina memiliki perbedaan pada tiap warnanya.

Jika diamati dengan seksama, SPBU Pertamina ada yang berwana merah, biru dan yang terbaru berwarna hijau. Namun masih banyak masyarakat yang belum bisa membedakan ketiga jenis SPBU tersebut.

Berikut adalah perbedaan SPBU Pertamina berdasarkan warna:

Baca juga: Viral, Video Petugas SPBU di Bintaro Lakukan Kecurangan Mengurangi Jumlah Liter BBM Pelanggan, Ini Kata Pertamina

1. Merah

SPBU merah merupakan SPBU Pertamina Pasti Pas yang sudah ada sejak 2006. Perbedaan mencolok secara fisik dari SPBU merah adalah fasilitas yang disediakan.

SPBU Pertamina warna merah memiliki fasilitas standar yakni toilet, tempat ibadah, isi angin, atau minimarket. Warna dispenser di SPBU ini biasanya nozel berwarna hitam pada bagian bawah. Kemudian, pada seragam operator dan tiang pilar menggunakan warna merah.

2. Biru

SPBU berwarna biru adalah SPBUM Pertamina Pasti Prima yang diluncurkan sejak tahun 2015, terpatnya saat Direktur Marketing & Retail Pertamina dijabat oleh Ahmad Bambang.
SPBU ini memiliki fasilitas yang lebih banyak dari SPBU berwarna merah.

Mulai kafe, restoran cepat saji, ATM, bengkel, jasa cuci kendaraan, penjualan pelumas, elpiji juga nitrogen.

Kolase foto dari kiri ke kanan, SPBU Pasti Prima (warna biru), SPBU Green Energy Station atau GES (warna hijau), dan SPBU Pasti Pas (warna merah).STANLY/OTOMANIA dan PERTAMINA Kolase foto dari kiri ke kanan, SPBU Pasti Prima (warna biru), SPBU Green Energy Station atau GES (warna hijau), dan SPBU Pasti Pas (warna merah).


Layanan tersebut ada yang dikelola oleh pihak PT Pertamina, ada pula yang dikelola swasta. SPBU biru memangn diperuntukan sebagai SPBU yang siap memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen saat dalam perjalanan.

Baca juga: Tips Isi BBM yang Aman dari Kecurangan dan Maling di SPBU

Perbedaan secara fisik lainnya adalah pada warna dispenser yang berwarna hijau. Warna seragam operator dan tiang pilar SPBU Pasti Prima mengombinasikan warna merah dan abu-abu.

3. Hijau

Pada bulan Sepetember 2021, PT Pertamina (Persero) melalui Sub Holding Commercial & Trading atau Pertamina Patra Niaga memperkenalkan 76 SPBU berkonsep ramah lingkungan di Indonesia.

SPBU berwarna hijau tersebut bernama Green Energy Station (GES).
Berbeda dengan SPBU pada umumnya, GES menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebagai salah satu sumber energi mandiri dan ramah lingkungan.

GES sendiri dihadirkan untuk mempercepat transisi energi fosil menuju energi ramah lingkungan.

Mengutip dari Kompas.com, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, PLTS memberikan dampak yang cukup signifikan untuk mengurangi polusi, efek rumah kaca, dan efisiensi biaya operasional SPBU

Unit Manager Communication Relation dan CSR Pertamina MOR III (Jawa bagian Barat) Eko Kristiawan mengatakan, SPBU berwarna biru merupakan SPBU Pasti Prima. Sementara SPBU berwarna merah adalah SPBU Pasti Pas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com