Kabar Lanjutan Kompetisi Resmi Balap Liar dari Polda Metro Jaya

Kompas.com - 18/12/2021, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana menggelar kompetisi resmi sebagai wadah bagi para pelaku balap liar masih menunggu direalisasikan.

Polda Metro Jaya melalui Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyatakan, jika lancar, agenda balapan bakal digelar pada Januari 2022.

"Makanya, mulai minggu depan kami sudah masuk timeline perencanaan balapan resmi tersebut," kata Sambodo, menyitat Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Baca juga: Bila PPnBM Permanen Diterapkan, Honda Jamin All New BR-V Menikmatinya

Sambodo turut menuturkan, pihaknya sudah memetakan sejumlah ruas jalan di Jakarta yang diperkirakan layak untuk dijadikan lokasi balapan resmi bagi para pelaku balap liar. Sayangnya, ia belum menjelaskan lokasi-lokasi tersebut lebih terperinci.

Polda Metro Jaya bakal mengagendakan focus group discussion (FGD) pada Rabu (22/12/2021) dengan instansi terkait serta kelompok pembalap liar dan komunitas otomotif untuk pembahasan lebih lanjut mengenai realisasi wacana tersebut.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan pendindakan terhadap sejumlah pemotor yang menggelar aksi balap liar di Jalan Tentara Pelahar, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (2/9/2021) dini hari.Dokumentasi Ditlantas Polda Metro Jaya Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan pendindakan terhadap sejumlah pemotor yang menggelar aksi balap liar di Jalan Tentara Pelahar, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (2/9/2021) dini hari.

Sebelumnya, wacana merangkul komunitas balap liar ini diutarakan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran agar tidak ada lagi pencinta otomotif yang melakukan balap liar lagi ke depannya.

“Saya bersama rekan-rekan di Polda Metro Jaya ingin mengundang yang passion-nya balapan atau suka nonton balap, dari joki, mekanik, atau yang punya bengkel,” kata Fadil, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Pentingnya Blokir STNK Saat Kendaraan Sudah Dijual

Ia menegaskan bahwa wacana tersebut bukanlah jebakan bagi para pembalap liar, tetapi langkah terbuka dari pihak kepolisian demi mengajak untuk menekan risiko kecelakaan atau pelanggaran lalu lintas.

Fadil menjelaskan bahwa pihaknya betul-betul hendak memfasilitasi para pembalap liar di Jakarta agar bakat yang mereka miliki bisa tersalurkan lewat jalur yang benar.

“Mudah-mudahan akan lahir pembalap-pembalap MotoGP dari event kita ini, dari Polda Metro Jaya. Mandalika kita sudah punya, tinggal nyari rider-nya,” kata Fadil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.