Pemotor, Waspada Jalan Licin Saat Hujan Baru Turun

Kompas.com - 17/12/2021, 09:12 WIB
Indonesia memasuki musim penghujan di akhir tahun. Pengendara sepeda motor mesti meningkatkan kewaspadaan untuk menjaga keselamatan berkendara. Foto: YamahaIndonesia memasuki musim penghujan di akhir tahun. Pengendara sepeda motor mesti meningkatkan kewaspadaan untuk menjaga keselamatan berkendara.

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim hujan sudah mulai terjadi di berbagai daerah sekitar Jakarta. Bagi para pengendara sepeda motor, siapkan juga jas hujan agar tetap bisa melanjutkan perjalanan.

Sebaiknya ketika hujan turun, pengendara bisa menepi untuk mengenakain jas hujan. Namun ada juga pengendara yang malah tancap gas, berharap bisa segera sampai ke rumah tanpa harus kehujanan.

Sebenarnya ada bahayanya ketika tetap berkendara saat hujan baru turun, yakni aspal yang jadi lebih licin. Tentu saja ketika jalanan licin, cengkeraman ban ke aspal jadi berkurang, rawan selip.

Baca juga: Lebih Mahal Rp 15 Juta, Apa Istimewanya Honda CR-V Black Edition?

Ilustrasi jas hujanKompas.com/Donny Ilustrasi jas hujan

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, aspal yang baru terkena air hujan akan lebih licin daripada ketika sudah diguyur hujan deras.

“Hal ini disebabkan karena permukaan aspal yang panas dan berdebu membuat lapisan jalan menjadi lebih licin. Jika hujan sudah deras, maka permukaan aspal jadi lebih bersih dari debu,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Agus menambahkan, ketika hujan sudah mulai deras, suhu aspal sudah stabil. Berbeda dengan yang baru turun hujan, suhu aspal masih panas membuat ban kurang mencengkram jalanan.

Baca juga: Selama Libur Nataru, Empat Ruas Tol Ini Terapkan Ganjil Genap

Jika memaksa tetap berkendara saat hujan baru turun, lebih baik kurangi kecepatan dan tidak melakukan pengereman secara mendadak karena jalan yang licin. Selain itu, jangan menekan rem depan terlalu keras.

“Karena jalanan basah, membuat roda depan lebih mudah tergelincir karena ban tidak dapat menempel ke aspal dengan baik,” ucap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.