Ini Lokasi Pemeriksaan Acak di Yogyakarta Selama Libur Nataru

Kompas.com - 17/12/2021, 06:42 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Selama libur natal dan tahun baru 2022, Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menggelar pemeriksaan secara acak bagi pengendara luar daerah yang masuk wilayah Jogja.

Pemeriksaan yang dilakukan berupa pengecekan syarat perjalanan yakni bukti telah divaksin dua kali serta bukti tes swab antigen atau PCR.

Baca juga: Selama Libur Nataru, Empat Ruas Tol Ini Terapkan Ganjil Genap

Kepala Satpol PP sekaligus Koordinator Bidang Penegakan Hukum (Gakkum) Satgas Covid-19 DIY, Noviar Rahmad mengatakan, pengecekan ini akan dilakukan di wilayah perbatasan DIY.

"Dinas Perhubungan bersama Ditlantas Polda DIY akan melakukan pengecekan secara acak di perbatasan," kata Noviar dalam keterangan resmi, Kamis (16/12/2021).

Penumpang bus yang berangkat dari Terminal Bus Kalideres menunjukkan sertifikat Covid-19 sebagai syarat perjalanan.Dok. Terminal Bus Kalideres Penumpang bus yang berangkat dari Terminal Bus Kalideres menunjukkan sertifikat Covid-19 sebagai syarat perjalanan.

Ada tiga titik di wilayah perbatasan yang menjadi pusat pengawasan dan pengecekan. Mulai kawasan Temon di Kabupaten Kulonprogo, kawasan Tempel, dan Prambanan yang berada di Kabupaten Sleman.

"Yang dicek terkait dengan vaksin dua kali, antigen 1 x 24 jam, untuk PCR 3 x 24 jam,"

Terkait kendaraan atau bus pariwisata, Noviar mengatakan akan ada pemeriksaan di Shelter Adisutjipto Yogyakarta. Selain itu, pemeriksaan juga akan dilakukan di terminal Giwangan untuk prosedur one gate system.

Baca juga: Lebih Mahal Rp 15 Juta, Apa Istimewanya Honda CR-V Black Edition?

Jika nantinya ditemukan ada wisatawan maupun pendatang yang belum vaksin lengkap, maka akan langsung diminta untuk vaksin ke fasilitas kesehatan.

"Ini yang nanti saya minta kalau mereka belum vaksin lengkap, maka kami minta untuk vaksin ke fasilitas kesehatan terdekat dengan ketentuan dan syarat yang berlaku di Dinas Kesehatan. Ketentuan wajib vaksin ini menjadi syarat bagi mereka masuk ke DIY," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.