Selama Libur Nataru, Empat Ruas Tol Ini Terapkan Ganjil Genap

Kompas.com - 16/12/2021, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 bisa dikatakan tinggal hitungan hari. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempunyai wacana ganjil genap di empat ruas tol pada libur Nataru nanti.

Rencananya, pada 20 Desember 2021 sampai 2 januari 2022, empat jalan tol akan berlakukan sistem ganjil genap. Keempat jalan tol tersebut di antaranya Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Melansir dari Kompas.com, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemberlakuan ganjil genap memiliki tujuan untuk mengantisipasi pelaku perjalanan dengan mobil pribadi saat libut Nataru 2022.

Baca juga: Bukan HR-V, Honda Justru Luncurkan CR-V Serba Hitam

Gerbang tol Telaga Asih yang merupakan bagian dari jalan tol Cibitung-Cilincing BPJT Gerbang tol Telaga Asih yang merupakan bagian dari jalan tol Cibitung-Cilincing

"Biasanya kalau diterapkan ganjil-genap, pergerakan bisa turun sampai 30 persen," ujar dia di Jakarta belum lama ini.

Namun sampai saat ini, keputusan mengenai sistem ganjil genap di jalan tol belum pasti diberlakukan. Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, kebijakan tersebut masih akan dibahas lagi.

"Kami masih akan membahas lagi bersama dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri ya," jawab singkat Adita kepada Kompas.com, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Fungsi Minyak Kayu Putih buat Bodi Kendaraan

Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Reza Febrino mengatakan, adanya kebijakan tersebut nampaknya tidak memberikan dampak besar untuk Jasa Marga.

"Sejauh ini potensi adanya penurunan volume lalu lintas tidak terlalu signifikan saat diberlakukan kebijakan ganjil genap tersebut,” kata Reza.

Malahan, pada libur Nataru 2022 nampaknya akan ada peningkatan volume lalu lintas sebesar 11 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.