Habis Baterai Saat Pakai Mobil Listrik di Jalan Tol, Lakukan Ini

Kompas.com - 16/12/2021, 19:40 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehabisan daya saat menggunakan mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) di jalan tol masih menjadi atensi dan kekhawatiran tersendiri bagi para pengguna.

Pasalnya, saat ini ketersediaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) masih sangat terbatas dan belum merata. Meski begitu, pihak PT Jasa Marga memastikan keamanan serta keselamatan pengguna.

"Jika terjadi mogok di jalan tol karena mobil kehabisan daya listrik, dapat menghubungi call center kami di 14080," kata Direktur Bisnis Komersial PT Jasamarga Related Business, Imad Zaky Mubarak kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Intip Mobil Listrik Konsep Lexus, Target Bisa Tempuh 700 Km

Lexus UX 300eKOMPAS.com/GILANG SATRIA Lexus UX 300e

Nantinya, petugas akan mengerahkan unit derek untuk membawa mobil ke SPKLU terdekat.

Cara lainnya, pemilik bisa langsung menggunakan layanan derek online di Aplikasi Travoy. Ingat, jangan menggunakan layanan derek tak resmi yang tidak jelas karena berpotensi menghadirkan masalah baru.

Adapun saat ini, kata Zaky, fasilitas SPKLU hasil kerja sama JMRB dengan PT PLN sudah tersebar di 5 titik restarea, yaitu KM 207A ruas Tol Palikanci, KM 379 A ruas Tol Batang-Semarang, dan KM 519 A ruas Tol Solo-Ngawi.

Baca juga: Pilih Lampu Mobil LED atau Bohlam Biasa?

SPKLU di Ruas Tol Trans JawaJasamarga Related Business (JMRB) SPKLU di Ruas Tol Trans Jawa

Pada lajur arah Jakarta, SPKLU tersedia di rest area KM 519 B ruas tol Solo-Ngawi dan 389 B ruas tol Batang-Semarang.

"Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya pada pengguna mobil listrik harus memastikan dahulu bahwa daya yang dimiliki saat ingin digunakan mumpuni untuk sampai kepada SPKLU di titik selanjutnya," ujar Zaky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.