Kompas.com - 16/12/2021, 15:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi terus berkembang untuk memudahkan manusia. Salah satu pengembangan teknologi yang ada di mobil ialah pemakaian lampu LED.

Saat ini penyematan lampu LED semakin banyak dipakai di mobil. Meski tetap ada plus dan minus, memunculkan anggapan bahwa lampu bohlam sudah ketinggalan zaman.

Baca juga: Car Terminal Pelabuhan Patimban Beroperasi Mulai Pekan Ini

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, mengatakan, secara pribadi lebih memilih lampu LED dengan pertimbangan lebih banyak manfaat dari sisi energi.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4X2 UltimateAditya Maulana - KOMPAS.com Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4X2 Ultimate

"Mohon maaf perkembangan teknologi sekarang lebih baik, saya jelas pilih LED karena dengan kapasitas watt yang jauh lebih kecil tapi penerangan lebih terang. Efisiensi energi jadi lebih baik," ungkapnya saat telekonferensi Mitsubishi, Selasa (14/12/2021).

Seperti diketahui, seiring berkembangnya teknologi pada kendaraan, lampu utama mobil saat ini sudah menggunakan model LED berwarna putih. Sedangkan mobil lama menggunakan bohlam dengan cahaya kekuningan.

Ada anggapan binar lampu warna kuning lebih aman karena dapat menembus hujan dan kabut. Sedangkan lampu LED berwarna putih dianggap kurang baik.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, secara keselamatan berkendara, baik lampu utama berwarna kuning dan putih punya sisi positif dan negatif.

Baca juga: Duo Korsel Masih Terseok-seok di Tengah Dominasi Jepang

Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih

Lampu kuning lebih aman untuk pengendara lain karena lebih nyaman di mata. Lalu lebih mampu menembus hujan dan kabut. Namun, kekurangannya adalah visibilitas malah lebih rendah saat kondisi normal,” katanya.

Untuk lampu berwarna putih, kata Marcell, saat ini visibilitasnya sudah lebih baik di berbagai kondisi, bahkan saat hujan dan kabut. Warna putih akan seperti cahaya matahari.

“Namun kekurangan dari lampu berwarna putih adalah lebih menyilaukan untuk pengemudi lain,” ucap Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.