Kenali Penyebab Mobil Baru Bisa Terbakar

Kompas.com - 16/12/2021, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu momok mengerikan pemilik mobil ialah mobil terbakar. Walau umumnya mobil baru peluangnya minim tapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa terjadi.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, mengatakan, penyebab mobil terbakar sangat beragam bukan cuma korsleting kelistrikan tapi hal-hal teknis lainnya.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Honda Luncurkan CR-V Serba Hitam | Jangan Nyalakan Hazard Saat Hujan Deras

"Kita melihat beberapa kasus yang ada, mobil terbakar kita lihat ada mesin di depan dan belakang. Perbedaan dari penyebabnya berbeda beda," kata Rifat dalam telekonferensi Mitsubishi, Selasa (14/12/2021).

Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin mobil (Shutterstock/r.classen) Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin mobil

Untuk mobil bermesin depan, kata Rifat, biasanya mobil pernah melewati genangan air. Lukanya pada bagian elektronil mungkin tidak kelihatan tapi efeknya bisa fatal.

"Contoh ada mobil dengan ECU di bawah lantai, mobil lain ada air intake di bawah bumper, dan tiga selama mobil ini berjalan tentunya banyak komponen yang hasilkan panas," ungkapnya.

"Kemarin ada kasus, kendaraan baru terbakar, karena power steering putus dan minyaknya kena heater. Banyak penyebabnya terbakar mobil," kata Rifat.

Baca juga: Bisakah Bersihkan Dasbor Mobil Pakai Baking Soda, Tisu Bayi, dan Pasta Gigi?

Lamborghini Raffi Ahmad yang terbakar di kawasan Sentul, Jawa Barat, Sabtu (19/10/2019).YouTube/Rans Entertainment Lamborghini Raffi Ahmad yang terbakar di kawasan Sentul, Jawa Barat, Sabtu (19/10/2019).

Adapun untuk mobil dengan konfigurasi mesin belakang, kata Rifat, kerap terjadi mobil terbakar karena sistem kelistrikan tidak bekerja dengan baik.

"Tetap mesin dekat dengan knalpot dan knalpot panasnya berlebih dan kabel berlebih. Jadi beda mobil beda cerita," kata 8 kali Juara Nasional Reli tersebut.

"Lihat di Youtube supercar banyak terbakar, itu beda lagi, knalpot panas dan membakar bumper dan bumper bakar mesin. Jadi banyak penyebabnya," kata Rifat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.