Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bus Baru PO NPM Keluar Karoseri Adiputro

Kompas.com - 15/12/2021, 09:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PO Naikilah Perusahaan Minang (NPM) merilis enam bus baru dari Karoseri Adiputro, Selasa (14/12/2021). Keenam bus baru ini merupakan Sutan Class, yang merupakan kelas layanan baru dari PO asal Sumatera Barat ini.

Sebelumnya, lewat Instagram resmi PO NPM, terdapat bocoran bus baru yang menggunakan bodi buatan Laksana. Namun yang rilis lebih dahulu malah buatan Karoseri Adiputro Malang, Jawa Timur.

Membahas bus baru PO NPM, bodi yang digunakan adalah Jetbus 3+ MHD yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626. Namun ada beberapa komponen yang berbeda antara Jetbus MHD milik PO NPM dengan MHD lainnya.

Baca juga: Mobil yang Pakai Pelat Dewa Minta Jalan Tanpa Dikawal, Enggak Usah Minggir

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Pertama adalah adanya stiker SD-V+3 yang mengingatkan pada Jetbus 3+ SHD milik PO SAN yang rilis tahun lalu. Selain itu, selendang yang digunakan juga sama dengan rilisan PO SAN saat itu, yakni tidak memanjang ke belakang.

“Itu permintaan customer (stiker dan selendang). Jadi selendangnya tidak dipasang, ingin tampil beda dari yang lain,” ucap Yohan Setiawan, Supervisor Finishin Bus Karoseri Adiputro kepada Kompas.com, Selasa (14/12/2021).

Jika bagian selendang yang memanjang tidak dipasang, sebenarnya memudahkan operator untuk mengganti kacanya jika pecah. Mengingat kalau melewati Lintas Sumatera, masih ada saja atlet lempar batu di pinggir jalan.

Baca juga: PPKM Diperpanjang sampai 3 Januari 2022, Ini Aturan Perjalanan Terbaru

Kabin bus AKAP PO NPMDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO NPM

Selain bentuk selendangnya yang unik, bus PO NPM ini juga menggunakan livery baru. Memang secara umum tidak terlihat perbedaannya, mengingat livery masih terdiri dari tiga warna, yakni hijau, kuning, dan merah.

Masuk ke bagian kabin, terdapat sekat di depan yang bisa berfungsi sebagai smoking area. Bangku di kabin menggunakan buatan Hai Rimba Kencana yang disusun 2-2 dan sudah dilengkapi dengan armrest dan leg rest.

Di bagian belakang kabin juga terdapat smoking room yang menyatu dengan toilet. Tentu saja berbagai fasilitas ini menambah kenyamanan penumpang selama perjalanan jauh, apalagi menyeberangi pulau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com