Kompas.com - 10/12/2021, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perbedaan yang cukup mencolok antara dua generasi MPV terbaru Toyota, Avanza dan Veloz, adalah pada sistem pengereman.

Pada Avanza, rem belakang masih menganut model tromol atau drum brake sama seperti generasi sebelumnya. Kontras dengan Veloz yang rem belakangnya sudah berupa disc brake alias rem cakram.

Lalu apa alasan Toyota memberikan perlakuan yang berbeda kepada dua MPV tersebut?

“Itu tak lepas dari keinginan konsumen terhadap Veloz baru,” kata Takeshi Asada, Chief Engineer yang bertanggungjawab dalam pengembangan Toyota Avanza-Veloz baru pada Journalist Test Drive Toyota Avanza-Veloz, 7-9 Desember 2021.

Baca juga: Jangan Cuek, Pahami Usia Pakai Aki pada Mobil

Apalagi melihat karakter konsumen Toyota Veloz generasi baru umumnya adalah kelompok masyarakat yang bersedia membayar lebih mahal untuk mendapatkan mobil dengan fitur lengkap.

Lebih jauh, tipe rem cakram dinilai lebih cocok ketika diduetkan dengan fitur yang berhubungan dengan sistem pengereman, contohnya seperti Electric Parking Brake (EPB) dan Auto Brake Hold (BAH).

Secara sederhana, Veloz dibekali rem cakram baik pada roda depan maupun belakangnya guna meningkatkan kualitas dan kuantitas fitur yang dimilikinya, demi lebih menarik di mata calon konsumen.

Baca juga: Akhir Pekan Ini, Polres Cilegon Uji Coba Ganjil Genap di Jalur Wisata Pantai Anyer

Inden Toyota Veloz Baru Tembus 3 Bulan

All New Veloz dan AvanzaTAM All New Veloz dan Avanza

PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim respons masyarakat terhadap generasi terbaru Avanza dan Veloz terbilang positif sejak pertama kali diperkenalkan pada 10 November 2021.

Mengenai keadaan produksinya, Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmy Suwandy memastikan aktivitas produksi kedua MPV tersebut aman. Tidak ada rintangan berarti seperti kekurangan pasokan cip semikonduktor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.