Tangki Bensin Motor Bebek dan Skutik Juga Perlu Dikuras

Kompas.com - 11/12/2021, 08:42 WIB
Yamaha mengajak media bersama komunitas dan konsumen Yamaha Gear 125 untuk mengikuti acara Foto: YamahaYamaha mengajak media bersama komunitas dan konsumen Yamaha Gear 125 untuk mengikuti acara

JAKARTA, KOMPAS.com – Motor model sport yang memiliki tangki besar di antara bangku dan setang biasanya harus melakukan pengurasan tangki secara rutin. Perawatan ini dilakukan demi mencegah tangki keropos karena ada air yang masuk.

Kurasi tangki memang disarankan untuk dilakukan untuk motor jenis sport. Lalu bagaimana dengan motor lain seperti model bebek atau skuter matik (skutik) yang kini banyak digunakan di Indonesia?

Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Bintaro Adih mengatakan, layaknya motor sport, motor bebek dan skutik juga perlu dikuras tangkinya. Tapi bedanya, menguras tangki bensin motor bebek dan skutik jangka waktunya lebih lama.

Baca juga: Honda Menjelaskan Penyebab Tren Sedan Menurun di Indonesia

Yamaha Jupiter Z1Foto: Yamaha Yamaha Jupiter Z1

“Jika motor sport bisa enam bulan sekali, kalau matik bisa lebih panjang. Sekitar 15.000 km, tangki bensin matik atau bebek boleh dikuras,” ucap Adih kepada Kompas.com, belum lama ini.

Perbedaan jangka waktu yang lebih lama ini dikarenakan posisi tangki bensin di motor bebek dan skutik ada di bawah jok. Posisi ini yang membuat air jadi sulit masuk ke tangki dan tidak terjemur langsung dari sinar matahari.

Baca juga: Teaser Bus Baru PO NPM, Livery Berbeda dengan Sebutan Sutan Class

Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta Gofur menambahkan, tangki bensin skutik dan bebek baru wajib dikuras ketika motor terendam banjir. Selain itu, kasus tangki yang keropos karena karat juga jarang terjadi.

“Kalau karat pada tangki biasa terjadi pada motor yang disimpan lebih dari satu tahun dan mesinnya tidak dihidupkan. Apalagi jika disimpannya di luar, akan lebih mudah berkarat,” kata Gofur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.