Sigra Tetap Mendominasi, Xenia Mulai Dongkrak Penjualan Daihatsu

Kompas.com - 11/12/2021, 08:02 WIB
Daihatsu GIIAS 2021 KOMPAS.com/STANLY RAVELDaihatsu GIIAS 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Imbas penerapan diskon pajak 100 persen, jelang akhir 2021 tren penjualan otomotif nasional terus mengalami pemulihan. Sampai November, total market untuk penjualan retail mencapai 761.000 unit, dan wholesales sekitar 790.000 unit.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga mengalami peningkatan pesat dengan market share untuk penjualan ritel sebesar 17,5 persen dan wholesales 18,9 persen hingga November 2021.

Untuk total penjualan hingga bulan ke-11 di 2021, dari ritel mencapai 132.950 unit atau naik 46,4 persen. Sementara untuk wholesales mencapai 149.113 unit, terkerek 77 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Menperin Usulkan PPnBM 0 Persen Permanen Bersyarat

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), mengatakan, sangat bersyukur dengan penjualan yang terus mengalami peningkatan sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional.

Daihatsu Sigra di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sigra di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

"Semoga capaian positif ini bisa terus berlangsung, dan capaian pasar otomotif nasional terus meningkat dibanding tahun sebelumnya," kata Hendrayadi dalam keterangan resminya, Jumat (10/12/2021).

Penjualan Daihatsu pada November juga mengalami peningkatan dibanding Oktober menjadi 114.861 unit. Jumlah tersebut diklaim sebagai rekor pemasaran bulanan tertinggi Daihatsu sepanjang 2021.

Seperti biasa, ada tiga produk yang masih menjadi tulang punggung penjualan Daihatsu, yakni Sigra sebanyak 3.827 unit dengan kontribusi 25,8 persen, Gran Max pikap 3.590 unit atau 24,2 peren, dan Ayla yang menyumbang 12,9 persen dengan penjualan 1.917 unit.

Sedangkan untuk generasi ketiga Xenia yang resmi diluncurkan saat ajang GIIAS juga sudah mendapat animo yang baik.

Baca juga: Inden Toyota Avanza dan Veloz Tembus 3 Bulan

Daihatsu Terios Eco IdleKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Terios Eco Idle

Khusus di November, baik All New Xenia atau model lawas dengan penggerak roda belakang terjual 1.555 unit, naik 199 persen dibanding rata-rata penjualan bulanan sebelumnya.

Namun, dari sisi peringkat penjualan, MPV murah Daihatsu tersebut masih menempati posisi keenam. Sedangkan urutan keempat oleh Terios, dan Rocky yang sampai November sudah terjual 5.546 unit menempati posisi ketujuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.